Kabupaten Solok akan Miliki MPP, Diluncurkan Akhir Tahun

Sekdakab Solok pimpin rapat persiapan pembentukan MPP


SOLOK-Sekretaris Daerah Medison pimpin rapat persiapan pembentukan Mall Pelayanan Publik di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Rapat diadakan di DPMPTSP Arosuka, Kamis (4/5/2023).


Rapat ini merupakan kegiatan lanjutan dari beberapa pertemuan yang dilaksanakan sebelumnya. Rapat dihadiri oleh beberapa unsur SKPD, Kadis PMPTSP  beserta jajaran, Badan Keuangan Daerah, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Diskominfo, Satpol PP dan Damkar serta Bagian Organisasi. 

Sekda Medison menegaskan, dalam mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik secara terpadu dan terintegrasi antara pemerintah daerah dengan kementerian, lembaga, BUMN, BUMD dan swasta dalam satu tempat, perlu dibentuk mal pelayanan publik (MPP).  

"Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 89/2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, PermenPAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 92/2021 tentang Petunjuk Tekhnis Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik," ungkapnya.

Medison menegaskan,  program ini sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Bupati Solok, bahwa pelaksanaan anggaran ditetapkan berdasarkan kebutuhan masyarakat dan terkait dengan terpusatnya seluruh pelayanan masyarakat pada MPP tersebut.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Solok juga membuka unit layanan di empat titik wilayah, masing-masing Kecamatan X Koto Singkarak, Kecamatan Bukit Sundi, Kecamatan Lembah Gumanti dan Arosuka. Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam pemberian pelayanan, khususnya bagi masyarakat yang tidak bisa berurusan ke MPP.

Medison jelaskan, terkait dengan unit layanan di tiga kecamatan di atas, akan dilakukan pelatihan atau pembekalan bagi operatornya tentang perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau online single submission (OSS), yakni perizinan berusaha yang diterbitkan lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi untuk memudahkan layanan perizinan berusaha bagi masyarakat.

Selanjutnya dilakukan pembahasan tentang teknis persiapan kegiatan yang terdiri dari renovasi dan rehab ruangan MPP pada bekas kantor bupati di Koto baru, pengadaan sarana prasarana dan mobiler, sarana infrastruktur jaringan dan internet

"Kegiatan dilaksanakan anggaran tahun ini dan direncanakan pelaksanaan soft launching akhir tahun ini," tutupnya. (Clara)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama