Desa Sumber Harapan Dinilai Tim Provinsi, Ini Kata Bupati Asahan

Bupati dan jajaran PKK Asahan bersama tim provinsi


ASAHAN-Tim Penggerak PKK Sumatera Utara kunjungan kerja ke Asahan dalam rangka monitoring pelaksanaan lomba AKU HATINYA PKK di Desa Sumber Harapan, Kecamatan Tinggi Raja, Selasa (6/6/2023). 


Tim monitoring PKK Sumut dipimpin Ketua Pokja III Vera Syuryana. Rombongan disambut Bupati Surya, ketua PKK kabupaten beserta pengurus, OPD, Camat Tinggi Raja, kepala desa se-Kecamatan Tinggi Raja, Ketua TP-PKK Kecamatan Tinggi Raja, Ketua TP PKK desa se-Kecamatan Tinggi Raja dan masyarakat setempat.

Bupati Surya mengatakan, gunamensukseskan program kerja PKK nasional, TP-PKK Asahan ikut serta dalam pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dengan menetapkan desa terbaik di lima bidang lomba, yang mana salah satunya adalah bidang Pemanfaatan Halaman Pekarangan (HATINYA PKK).

Bupati mengatakan, TP-PKK Desa Sumber Harapan bersama masyarakat siap menjalani penilaian tim PKK dengan kerja keras, kerja bersama diwujudkan dalam gotong royong yang dilaksanakan dua kali dalam satu minggu, mengelola pemanfaatan lahan pekarangan rumah, dan sekitarnya, memperindah jalan desa dan dusun, mengelola pemanfaatan lahan kosong dan lahan tidur. 

Bupati meminta, TP PKK Kecamatan Tinggi Raja, Desa Sumber Harapan, Camat, Kepala Desa dan perangkat desa bersama dengan masyarakat desa agar lebih lagi dalam mengelola pemanfaatan lahan pekarangan sekitarnya, karena dengan manfaatkan lahan pekarangan dapat mendatangkan berbagai manfaat, di antaranya sumber pangan penghuni rumah, sumber plasma nutfah dan ragam jenis biologi, pengendali iklim sekitar rumah dan sekitarnya, untuk kenyamanan, penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen, tempat resapan air hujan dan limbah rumah tangga ke dalam tanah, melindungi tanah dari kerusakan erosi, yang mana semuanya itu tak lepas dari mendukung visi pemerintah kabupaten.

Ketua tim penilai Vera Syuryana mengapresiasi TP-PKK Asahan, khususnya TP PKK Desa Sumber Harapan yang mengikuti lomba AKU HATINYA PKK tingkat provinsi. "Lomba ini merupakan program TP-PKK dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK," ucapnya.

Vera mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar lomba, tetapi juga sebagai salah satu cara TP PKK Sumatera Utara melakukan pembinaan dan ini merupakan agenda penting. 

"Bersama kita kerja dan meraih berprestasi, serta terus bersinergi dengan Pemerintah dalam setiap program TP PKK. Keberadaan PKK harus dapat bermanfaat di masyarakat", tandasnya.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut, tim penilai didampingi Ketua TP PKK Asahan melihat secara langsung rumah-rumah yang memanfaatkan lahan pekarangannya. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama