Lapas Dharmasraya Peringati Hari Lahir Pancasila

Upacara bendera di Lapas Dharmasraya memperingati Hari Lahir Pancasila


DHARMASRAYA-Pelaksana Harian Kepala Lapas Kelas III  Dharmasraya, Juwanda Metria pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).


Upacara diikuti petugas lapas dan warga binaan. Upacara di lapangan komplek lapas dan berjalan dengan khidmat.

Juwanda Metria bacakan amanat Presiden Joko Widodo. Presiden menyebutkan, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan falsafah dasar, pandangan berbangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber dari segala hukum negara.

Juwanda mengatakan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan media statis yang mempersatukan berbagai keragaman, sekaligus sebagai bintang penuntun yang dinamis dan memandu kehidupan berbangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dikatakan Juwanda, perkembangan situasi global dan ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia, nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Presiden mengajak terus gelorakan semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban.

Presiden ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (eko)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama