Wagub Sumbar Tutup Rang Solok Baralek Gadang

 Foto bersama usai penutupan event Rang Solok Baralek Gadang 


KOTA SOLOK-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi tutup pelaksanaan Event Rang Solok Baralek Gadang, Senin (18/92023). Dia ingin tahun depan kegiatan lebih meriah. 


Penutupan gelaran Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang dilaksanakan di hamparan Sawah Solok. Prosesi penutupan diawali dengan bakaua tulak bala padi tabik yang diikuti 1.900 peserta mayoritas kaum ibu dari empat penjuru.

Wakil gubernur mengapresiasi dan ide yang cemerlang dari wali kota dan wakil wali kota untuk memajukan Solok.  "Berkat event ini perekonomian masyarakat, terutama UMKM bergerak signifikan," katanya.

"Saya sangat salut dengan kekompakkan wali wali dan wakil wali kota. Duet ini solid dan sangat harmonis. Jika kepala daerah kompak, banyak program dan ide yang bisa dibawa ke Kota Solok," katanya.

Ia mengatakan, Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu dari empat Kharisma Event Nusantara yang ada di Sumbar. "Kota Solok identik dengan sawah solok. Satu-satunya Kharisma Event Nusantara di Indonesia yang diadakan di tengah sawah hanya di Kota Solok. KEN ini memang menonjolkan identik dari daerah masing-masing," kata Audy.

Ke depan, Pemprov Sumbar, jelas wagub menyediakan dana untuk mengembangkan pariwisata di daerah. Kepala Dinas Pariwisata harus aktif menjemput bola. "Selamat karena telah menggelar RSBG secara sukses, semoga kedepan makin sukses lagi dan bertemu pada RSBG mendatang," kata dia.

Wali Kota Zul Elfian Umar mengatakan,  Event Rang Solok Baralek Gadang berjalan dengan baik dari awal sampai akhir.

"Semoga tahun depan RSBG kembali dipercaya masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).  Kita akan melakukan evaluasi dan menyiapkan yang terbaik di masa mendatang, sebab Event RSBG tidak bisa dipindahkan ke tempat lain karena sawah solok merupakan ikon Kota Solok," kata dia.

Ketua panitia Jefrizal melaporkan, RSBG berlangsung tiga hari, 16-18 September 2023. Kegiatan Rang Solok Baralek Gadang berjalan lancar dengan antusiasme pengunjung yang sangat tinggi.

"Kegiatan RSBG selalu ramai dikunjungi masyarakat, diperkirakan 18 ribu pengunjung datang setiap hari dengan estimasi transaksi ekonomi Rp1 miliar setiap hari. Diperkirakan transaksi mencapai Rp5 miliar selama tiga hari pelaksanaan Rang Solok Baralek Gadang," kata dia. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama