Bawaslu Kota Solok Ajak Media untuk Awasi Pemilu

Jajaran pimpinan dan anggota Bawaslu Kota Solok


SOLOK-Bawaslu Kota Solok mengadakan diskusi publik bersama para awak media dari Forum Komunikasi Wartawan Solok (F-Kuwas) dan Media Online Indonesia (MOI).


Diskusi itu tentang pengawasan pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu 2024. Diskusi diadakan di Premiere Hotel Syariah, Senin (18/12/2023).

Ketua Bawaslu Kota Solok, Rafiqul Amin menjadi nara sumber bersama anggota Bawaslu, Ilham Eka Putra dan Eka Rianto.

Rafiqul Amin menjelaskan, Pemilu 2024 telah memasuki tahapan kampanye yang dimulai sejak 28 November. Bawaslu menekankan pentingnya pencegahan dalam tugas pengawasan dengan motto awasi, cegah dan tindak.

Koordinator Pengawasan Bawaslu, Ilham Eka Putra menyampaikan harapan terhadap media massa dalam mendukung Bawaslu yang memiliki keterbatasan SDM. 

Dikatakanya, KPU Kota Solok telah menetapkan daftar calon tetap sebanyak 237 di dua daerah pemilihan. Sebanyak 18 partai mendaftar, namun Partai Garuda dan PSI memiliki calon legislatif yang tidak memenuhi syarat, menggunakan aplikasi SILON untuk pencalonan.

Menyikapi pelanggaran yang rentan terjadi selama tahapan kampanye, Eka Rianto dari Bawaslu menekankan peran media dalam memberikan informasi dan mengawasi kegiatan sosial calon legislatif. 

Ia juga mengingatkan, pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh awak media akan diatasi sesuai dengan Undang-Undang Pers.

Dalam sesi diskusi yang dipandu Eka Rianto, Yose Hendra dari langgam.id menyoroti pentingnya media sebagai alat komunikasi politik dan pengawas tindakan pemerintah. 

Ia menegaskan peran wartawan dalam membentuk opini publik, mempublikasikan informasi yang akurat, dan melibatkan masyarakat sangat krusial.

Diskusi juga membahas jadwal kampanye sesuai Keputusan KPU Nomor 1621.2023, yang mengatur teknis pelaksanaan kampanye pemilu. Yose Hendra menekankan pentingnya media dalam memastikan transparansi, akuntabilitas dan tanggung jawab sosial dalam proses kampanye.

Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, Bawaslu Kota Solok berharap agar pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar, dengan dukungan aktif dari media dan masyarakat. (sis)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama