Ratusan Rumah Tergenang Banjir di Dharmasraya


Petugas membersihkan rumah masyarakat yang sempat dimasuki air. (ist)



DHARMASRAYA-Banjir melanda Kabupaten Dharmasraya dan diperkirakan ratusan rumah terendam. Banjir terjadi, Senin (18/12/2023). Banjir melanda Kecamatan IX Koto.


Banjir akibat hujan yang sangat lebat dan meluapnya air sungai yang berada di daerah tersebut. Dalam peristiwa  tersebut tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir  ratusan juta rupiah 

Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Ardianus Efendi  mengatakan, selain banjir juga terjadi tanah longsor di Kecamatan IX Koto tersebut.

"Kami dari  BPBD Dharmasraya mendapat informasi dari masyarakat di daerah tersebut. Mendapat informasi, tim lansung ke lokasi banjir," katanya. 

Di lapangan, tim mendapati  ratusan rumah yang terdampak banjir, di antaranya di  Nagari Banai, Nagari Silago, Nagari Lubuk Karak  dan Nagari Empat Koto Dibawah.

Menurut informasi dari masyarakat ketinggian air tadi malam setinggi dada orang dewasa atau lebih kurang 1,5 meter.

Usai air surut, petugas membersihkan material pasca banjir tersebut. "Kami bersama perintah kecamatan dan nagari sedang mendata rumah warga dan ternak hilang terdampak banjir," kata Eldison.  (eko)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama