DPRD Kota Bukittinggi Adakan Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-239 Tahun


Wali Kota Bukittinggi bersama Anggota DPRD Kota Bukittinggi


Liputankini, Bukittinggi: Hari ini, Jumat (22/12/2023) Kota Bukittinggi tepat berusia 239 tahun. Momentum Hari Jadi Kota (HJK) itu  menjadi agenda  dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Bukittinggi yang dihelat di Auditorium Balai Sidang Bung Hatta.

Ketua DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial memimpin Rapat Paripurna itu didampingi oleh Wakil Ketua  Nur Hasra dan Rusdi Nurman.

Rapat Paripurna DPRD Kota Bukittinggi tentang Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-239 di tahun 2023 ini berjalan sukses. Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi mendampingi kursi bagian depan Bersama Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Hansastri dan pimpinan DPRD Kota Bukittinggi di panggung utama, kemudian berjejer kursi yang ditempati oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sekretaris daerah, pimpinan instansi vertikal dan mantan kepala daerah ini di bagian berikutnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Bukittinggi Rusdi Nurman membacakan kronologis Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi.  Pada tanggal 22 Desember 1944  merupakan hari jadi yang dapat dikaitkan dengan terpenuhinya kriteria  inspiratif, aspiratif dan patriotisme. Di masa itu Kota Bukittinggi menjadi pusat mata rantai perdagangan.  Di waktu itu juga dapat terwujud kesatuan antara potensi ekonomi dengan sosial Masyarakat.

Feri  Chofa Datuak Tun Muhammad, salah seorang pemangku adat di Kota Bukittinggi menyampaikan sambutan mewakili  tokoh Masyarakat di Nagari Kurai ini  mengatakan hingga di usia 239 tahun   Kota Bukittinggi sudah mengalami kemajuan di berbagai bidang dan sektor.  Capaian itu berhasil membawa Pemerintah Kota Bukittinggi menorehkan berbagai prestasi membanggakan.


Wakil Ketua DPRD Kota Bukittinggi Rusdi Nurman membacakan kronologis HJK Bukitttinggi


Namun, tentu tidak keseluruhan pencermatan tokoh Masyarakat terhadap Kota Bukittinggi bernilai positif, terdapat sejumlah catatan yang harus disikapi oleh pemerintah daerah Bersama Lembaga terkait untuk menjawab persoalan yang ada di lapangan.

Pihaknya tidak ingin tata kota tampak sembaraut dengan pemberlakuan sejumlah kebijakan terhadap pedagang untuk berjual beli.  Kota  Bukittinggi sudah mampu memberikan kontribusi besar memajukan masyarakatnya, walaupun belum maksimal.

Pemerintah Kota Bukittinggi perlu mengkaji pemberian bantuan terhadap uang komite bagi pelajar setingkat  Sekolah Menengah Atas, untuk dapat diterima juga oleh peserta didik di satuan Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah pertama.

Tabungan Utsman yang ada di BPRS Jam Gadang menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota  Bukittinggi  saat ini, diharapkan mampu meningkatkan derajat ekonomi Masyarakat, terutama yang berekonomi lemah.

Dikatakan Feri Chofa Datuak Tun Muhammad, program bantuan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bukittinggi semestinya harus tepat sasaran dan tidak membuat manja orang yang diberi bantuan.

Ketua DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial memimpin Rapat Paripurna DPRD Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-239 tahun

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dalam sambutannya menegaskan pihaknya akan mengoptimalkan APBD Kota Bukittinggi untuk Upaya peningkatan kesejahteraan warga, sehingga istilah  “beri  ikan dan kailnya” tetap menjadi fokus pemerintah daerah ini hingga di tahun 2024.

Pihaknya minta semua elemen di Kota Bukittinggi ini untuk berpartisipasi aktif  sehingga pemerintah meminta saran dan masukan serta kritikan konstruktif  dari segenap warga kota dan para perantau.

Disebutkan, program dan kebijakan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi masih butuh penyempurnaan  secara terus menerus. Bang Wako menyampaikan tekad  yang hendak dicapai adalah mengangkat derajat Masyarakat, memacu ekonomi yang diikuti pemerataan dan keadilan.

Wali  Kota Bukittinggi Erman Safar mewakili Pemerintah Daerah  dan warga kota mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang secara Bersama-sama, bahu membahu dan telah  berbuat  terbaik bagi kota tercinta ini.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar beri sambutan dalam rapat paripurna DPRD

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri mewakili Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengharapkan seluruh elemen pemerintah  dan Masyarakat menjaga kondisi ketentraman dan ketertiban serta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi konflik  juga gangguan yang mempengaruhi kondusifitas daerah.

Momentum Hari Jadi Kota  Bukittinggi harus dijadikan sebagai refleksi terhadap Pembangunan yang telah dilaksanakan, kemudian meningkatkan dan melanjutkan hal-hal yang baik.  Kekurangan yang ada dalam pelaksanaan program dan kebijakan daerah dapat diperbaiki ke arah yang lebih baik.

Dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Bukittinggi tentang Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-239  tahun ini tampak hadir Mantan Wali Kota  Bukittinggi Jufri dan Mantan Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi.

Para keluarga tokoh penerima penghargaan dari Pemko Bukittinggi ketika HJK


Para anggota DPRD Kota Bukittinggi tampak akrab dengan peserta dan tamu undangan yang penuhi Auditorium Balai Sidang Bung  Hatta. Niniak  Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang,  kepala OPD, instansi, BUMN/BUMD, Lembaga, organisasi dan tamu undangan tetap bertahan di lokasi acara  setelah Ketua DPRD Kota Bukittinggi  Beny Yusrial menyatakan rapat paripurna itu ditutup.

Diketahui, dalam rangkaian  Rapat Paripurna DPRD Kota Bukittinggi ini juga diberikan sesi  penyerahan  penghargaan Pin Emas  terhadap sejumlah tokoh yakni Tuanku Nan Renceh, Amier Syakib Arsylan dan Tahir Syoekri. Pin dan piagam penghargaan itu diserahkan Wali Kota Erman Safar kepada pihak keluarga tokoh tersebut. (adv)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama