Tingkatkan Kapasitas, Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Bukittinggi

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani buka bimtek


BUKITTINGGI-Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang ikuti bimbingan teknis (bimtek) guna meningkatkan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD selama sidang III tahun 2023.


Bimbingan teknis berlangsung selama lima hari, 5 hingga 9 Desember 2023 di Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi.

Bimbingan teknis diikuti 44 anggota DPRD, dengan fasilitator dari pejabat struktural dan staf pelaksana Sekretariat DPRD Kota Padang.

Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar menyampaikan, bimbingan teknis mengusung tema peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah serta penyusunan LPPD, LKPJ dan EKPPD. 

Bimbingan teknis tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Pembina Perguruan Tinggi Nasional (STIA LPPN Padang) dengan koordinasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.


Ketua DPRD pasangkan tanda peserta

Hendrizal menjelaskan, bimbingan teknis dilaksanakan dengan pendekatan andragogi, dengan presentasi materi oleh ahli di bidangnya, diikuti oleh diskusi antara peserta dan narasumber. 

Materi yang disampaikan mencakup aspek-aspek penting seperti penyusunan dan penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD), Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD), Sistem Informasi Elektronik Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, serta penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

Ketua DPRD Syafrial Kani, mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah berpartisipasi dan berharap bimtek ini dapat meningkatkan pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. 


Narasumber berikan pemaparan ke peserta bimtek

Dia juga menekankan pentingnya terus belajar melalui berbagai media dan sarana pembelajaran untuk memahami dinamika perkembangan masyarakat dan perubahan regulasi di tingkat daerah maupun nasional. 

Dia memberikan apresiasi kepada penyelenggara dan narasumber yang telah berkontribusi dalam keberhasilan kegiatan bimbingan teknis tersebut. (adv)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama