Marapi Erupsi Lagi, Petugas Bersihkan Jalan di Padang Panjang

 Petugas bersihkan abu akibat erupsi Marapi di Padang Panjang. (kominfo)


PADANG PANJANG-Marapi erupsi lagi. Dampak erupsi itu, Bandara Internasional Minangkabau sempat ditutup. Sementara di Padang Panjang, personel pemadam kebakaran laksanakan penyemprotan tumpukan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Marapi di sejumlah ruas jalan kota, Jumat (5/1/2024).


Erupsi Marapi yang terus berlangsung sejak 3 Desember tahun lalu, terus terjadi. Padang Panjang sebagai salah satu kota terdekat dari gunung ini, kerap dihujani abu vulkanik bila hembusan angin menuju ke arah kota ini.

Kasat Satpol PP Damkar Benny mengerahkan personel dan armada damkar untuk menyirami jalan. Mulai dari jalan dan halaman balai kota hingga ke jalan-jalan protokol lainnya.

"Penyiraman jalan diawali dari pertigaan PDAM menuju balai kota. Lalu dari Simpang Lapan ke arah pertigaan PDAM dengan menggunakan dua armada mobil damkar," sebutnya yang dikutip dari Kominfo.

Dikatakan Benny, penyemprotan jalan dilakukan guna mengurangi debu yang beterbangan di jalan raya. Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena debu dapat mengganggu kesehatan masyarakat, terutama serangan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat partikel debu vulkanik.

"Selain membersihkan, penyemprotan ini juga dilakukan untuk menjaga kebersihan jalan raya, mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat debu. Ini juga menjadi tanggung jawab kami menjaga kondisi yang nyaman dan tenteram bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari," ucapnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama