Dekranasda Kabupaten Solok Ikuti Inacraft 2024, Bidik Transaksi Rp50 Juta

Jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Solok 

SOLOK-Dekranasda Kabupaten Solok ikuti pameran kerajinan tangan Inacraft 2024 dengan membawa produk-produk IKN unggulan. Pameran itu berlangsung di JCC Senayan, Rabu (28/2/2024).  Pameran berlangsung 28 Februari sampai 3 Maret.

Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Pameran kali ini merupakan yang ke-24 kalinya.

Inacraft 2024 diikuti lebih 1.500 usaha kecil menengah (UKM) yang mengisi 1.066 stand. Pameran menempati seluruh hall JCC yang memiliki luas sekitar 20.231 meter persegi agar pameran dapat menampung seluruh kegiatan promosi dan acara pendukung lainnya.

Pameran Inacraft 2024 dibuka Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.  Menteri Teten menyampaikan, Indonesia memiliki pangsa pasar 1,25 persendi bidang kerajinan di dunia.

“Pangsa pasar diproyeksikan terus meningkat karena kekayaan sumber daya manusia (SDM) dan keterampilan perajin dalam mengubah menjadi produk dekoratif dan kerjainan yang istimewa,” ujar Teten.

Sekretaris Dekranasda Yenti Nova menyampaikan, pada pameran kali ini, Dekranasda  membawa beragam produk IKM (industri, kecil dan menengah) dengan beraneka ragam.

Produk itu antara lain, Tenun Talang Sarumpun dari Sungai Janiah, Banun Songket Sungai Lasi, Tenun Family dari Batu Banyak Lembang Jaya, Batik Berkah Umat Bukit Tandang, Salingka Tabek Koto Baru Kubung, Batik Minang Panyakalan, sulaman dari Lona Collection Muaro Paneh, Eco Print dari Tigo Lurah Rangkiang Luluih, anyaman perdana pandan dari Junjuang Siriah, Tas By Emiko, produk asli milik Ketua Dekranasda Kabupaten Solok  dan Jeliza Collection Mungkenah dari Sulit Air.

"Kami berharap melalui pameran ini produk IKN  dapat tayang dan dikenal baik di kabupaten, provinsi maupun nasional dan kita menargetkan penjualan produk IKN Kabupaten Solok dapat tembus hingga Rp50 juta," tutur Yenti.

Presiden Jokowi juga hadir bersama Ibu Iriana dan berkunjung ke stand di Inacraft tersebut. (clara)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama