Saniangbaka, Negeri yang Elok di Kabupaten Solok, Nyaman KKN di Sini

Panorama alam Saniangbaka


SOLOK-Saniangbaka merupakan yang elok di Kabupaten Solok. Sawah terhampar hijau, udara sejuk dan suasana pedesaan yang alami. Nyaman KKN di nagari yang terletak di Kecamatan X Koto Singkarak tersebut.


Alam Saniangbaka membuat mata tak bisa berkedip. Tak jemu untuk memandangnya sepanjang hari. Keindahan Nagari Saniangbaka dapat dinikmati ketika memasuki pilar utama gerbang nagari di sana wisatawan bisa melihat Bukit Barisan.

Cara  lain yang dapat dilakukan untuk menikmati pesona nan elok di nagari ini adalah melalui treking ke hutan lindung nagari ini. Kegiatan tracking ini bakal dipandu anggota Pokdarwis Tangaya. 

Hutan Nagari Saniangbaka menyimpan keindahan tumbuhan dan hewan yang beragama dan suguhan air terjun nan elok. Ada pula bunga Raflesia Arnoldi.

Nagari Saniangbaka memiliki enam jorong, masing-masing Aia Angek, Balai Batingkah, Balai Panjang, Balai Lalang, Balai Gadang dan Kapalo Labuh. Setiap jorong memiliki kepala jorong  masing-masing. 

Nagari Saniangbaka memiliki pesona lainnya nan banyak serta menarik untuk dipelajari, khususnya bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN.

Saniangbaka juga terkenal dengan SDM yang kreatif. Mereka membuat  kerajinan sulam benang Emas. Sulam benang emas di sini sangat jauh berbeda  dengan sulam benang emas daerah lain di Sumatra barat. 

Perbedaanya terletak pada motif bunga sulam yang sangat padat dan setiap motoif bunga yang tersulam di kain merah memiliki arti tersendiri.

Masyarakat Saniangbaka sangat ramah. Di nagari ini, juga banyak warga mencari ikan bilih di Danau Singkarak. (Trin Ramilda) 


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama