Bupati Safaruddin dan Sembilan Universitas Teken MoU Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya

Foto bersama usai penandatanganan kerja sama

LIMAPULUH KOTA-Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama/Memorandum of Understanding (MoU) dengan sembilan universitas untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di daerahnya. 


Kerjasama ini mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dalam acara yang berlangsung di Kantor Bupati Limapuluh Kota pada Jumat, 22 April 2024, Bupati Safaruddin bersama dengan ISI Padang Panjang, Universitas Bung Hatta, UPI Padang, ITB Haji Agus Salim, Stikes Fort De Kock, Universitas Adzkia, Universitas Perintis, Universitas Syedza Saintika, dan Universitas Mohammad Natsir menandatangani MoU bertajuk "Tri Dharma Perguruan Tinggi".

Hadiri penandatanganan tersebut Sekretaris Daerah Herman Azmar, para asisten, serta kepala perangkat daerah Pemkab Limapuluh Kota. Kerjasama serupa telah dilakukan dengan Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengapresiasi sembilan universitas atas perhatiannya terhadap peningkatan sumber daya manusia di Limapuluh Kota. Ia menyatakan bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi sangat penting dalam mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah. 

"Kerjasama antara Pemda dan Perguruan Tinggi memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembangunan daerah dan peningkatan SDM. Kami berharap agar PT dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam berbagai bidang, mulai dari penelitian dan pengembangan, hingga pelatihan tenaga kerja yang berkualitas," ujar Bupati.

Bupati juga meyakini bahwa sinergi tersebut dapat mencapai tujuan pembangunan secara efektif dan efisien. "Dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki PT, dapat menemukan solusi yang inovatif dan berkelanjutan dalam upaya menciptakan generasi muda yang kompeten dan siap bersaing di era globalisasi," tambahnya.

"Bupati Safaruddin berharap kerja sama ini akan dilanjutkan dalam bentuk perjanjian kerja sama antara OPD dengan fakultas yang ada di Perguruan Tinggi. Bahkan, kami mengajak universitas yang menjalin kerja sama mampu membuka cabang kampus di Kabupaten Limapuluh Kota," tambah Bupati Safaruddin.

Rektor ITB Haji Agus Salim, Dr. Heliyani, menyatakan bahwa kerjasama antara kedua instansi merupakan upaya dalam peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Limapuluh Kota. 

"Terjalinnya kesepakatan ini diharapkan akan mendorong terlaksananya banyak aktivitas maupun kegiatan yang terimplementasi antar kedua belah pihak," tambah Heliyani. 

Heliyani menegaskan bahwa perwujudan kerja sama merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. ITB Haji Agus Salim, sebagai perguruan tinggi negeri, dengan sumber daya dan fasilitasnya, siap untuk menyukseskan kerja sama dengan Limapuluh Kota. (jnd)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama