Temui Gubernur Sumbar, Bupati Limapuluh Kota dan Wali Nagari Minta Perbaikan Jalan

 Bupati Limapuluh Kota dan Wali Nagari temui Gubernur Mahyeldi


LIMAPULUH KOTA-Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo terus berjuang untuk kepentingan rakyatnya. Pada Minggu (17/3/2023), ia mendampingi Wali Nagari Galugua Wandriardi dari Kecamatan Kapur IX beserta tokoh masyarakat untuk bertemu dengan Gubernur Mahyeldi di Padang. 


Pertemuan tersebut membahas kondisi ruas jalan menuju Nagari Galugua yang merupakan kewenangan Pemprov Sumatera Barat.

Jalan yang mulus sangat diharapkan oleh sekitar 2600 warga Nagari Galugua. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Mahyeldi menjelaskan bahwa Pemprov akan mengalokasikan anggaran senilai Rp2 miliar untuk perbaikan jalan dan akan melakukan peninjauan oleh dinas terkait pada 19 Maret 2024. "Meskipun anggaran tersebut tidak mencukupi untuk perbaikan keseluruhan, kami akan mengalokasikannya untuk titik-titik terparah yang sulit dilalui kendaraan," jelas Mahyeldi.

Dengan anggaran terbatas yang dimiliki Pemprov Sumatera Barat, Pemprov akan berupaya melakukan perbaikan jalan melalui dana Inpres dalam akselerasi pembangunan infrastruktur di daerah. Gubernur Mahyeldi berharap pengajuan perbaikan ruas jalan ini disetujui Pemerintah Pusat agar tidak menghambat aktivitas sehari-hari masyarakat. Ia juga meminta Pemerintah Kabupaten dan Nagari untuk mengawal pengusulan ini sehingga dapat direalisasikan pada tahun 2024.

Bupati Safaruddin mengucapkan rasa lega karena sejumlah titik terparah jalan menuju Nagari Galugua akan diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

Ia menjelaskan, peningkatan pembangunan infrastruktur secara terpadu menjadi salah satu fokusnya dalam membangun Kabupaten Limapuluh Kota. 

"Pengembangan dan perbaikan infrastruktur jalan, baik itu yang menjadi kewenangan nasional, provinsi, kabupaten, maupun desa, merupakan skala prioritas Pemerintah Daerah," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota juga telah menganggarkan Rp2,3 miliar di tahun 2024 untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Nagari Galugua yang merupakan kewenangan Kabupaten. Pengerjaan akan diprioritaskan dari pertigaan menuju simpang Jorong Tanjung Jajaran hingga Jorong Galugua dan Jorong Koto Tangah, dengan penekanan pada jalan di depan kantor Wali Nagari Galugua untuk diperbaiki pada tahun ini.

Selain jalan di Galugua, Bupati juga menerima informasi dari Pemerintah Provinsi terkait perbaikan ruas jalan Payakumbuh-Lintau yang melalui Kecamatan Luak dan Kecamatan Lareh Sago Halaban.

"Pak Gubernur menyampaikan bahwa pada 2024, perbaikan jalan di Luak dan Lareh Sago Halaban yang terletak di ruas Payakumbuh-Sitangkai akan dilaksanakan melalui dana Instruksi Presiden senilai Rp98 miliar," ungkapnya. (jnd)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama