Wagub Sumbar Minta Ikan Sakti Sungai Janiah Didaftarkan ke ADWI

 Wagub Sumbar saksikan ikan di Sungai Janiah


AGAM-Sungai Janiah Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, terkenal dengan ikan saktinya yang menjadi daya tarik bagi masyarakat berkunjung.


Bahkan Wakil Gubernur Sumbar, Dr Audy Joinaldy juga tidak mau ketinggalan untuk berkunjung ke kolam ikan sakti Sungai Janiah itu.

Kunjungan dilakukan di sela kegiatan safarinya ke Masjid Darul Amal Sungai Janiah Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Sabtu (16/3).

“Ini kunjungan perdana bagi saya ke Sungai Janiah, bahkan sangat penasaran dengan ikan saktinya.” ujar Audy Joinlady.

Saking penasarannya Wagub Sumbar beserta rombongan dan warga sekitar standby di kolam hingga waktu berbuka puasa tiba.

Menurutnya, ini bisa menjadi objek wisata andalan di Kecamatan Baso, karena juga ada cerita asal usulnya. Ini peluang besar yang dapat dikembangkan.

“Daftarkan ini masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun ini. Karena lingkungannya juga sangat mendukung dijadikan Desa Wisata,” pintanya.

Dikatakan, meski Desa Wisata untuk tingkat nagari, tapi Sungai Janiah menjadi sentranya. Karena lingkungannya sangat mendukung, yang terdapat banyak rumah tua dan masih terawat dengan baik.

“Ini menjadi salah satu acuan untuk menjadi Desa Wisata. Budaya ada, ciri khas ada dan lingkungannya mendukung yang berpeluang masuk ADWI,” sebutnya.

Kaba ikan sakti Sungai Janiah ini juga telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada 2022 lalu. (HR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama