Balik ke Jakarta, Manfaatkan Diskon Tarif Tol 20 Persen

 Gerbang tol Kalikangkung. (media indonesia)


JAKARTA-Bagi yang akan kembali ke Jakarta, manfaatkan diskon tarif tol. Atur jadwal perjalanan agar terhindar dari kemacetan. Lebih baik berangkat lebih awal. Diskon dimulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 sampai dengan Jumat 19 April 2024 pukul 05.00.

Berdasarkan informasi dalam situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Rabu (10/4/2024), diskon tarif tol ini diberikan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak balik nanti.

Diskon 20  persen tersebut hanya untuk pemudik asal Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

BPJT mengimbau para pengendara yang akan melakukan perjalanan mudik melalui jalan tol ini agar menyiapkan saldo uang elektronik (e-Toll) yang cukup sesuai tujuan perjalanan.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya antrean di gerbang tol akibat kekurangan saldo dan pengisian saldo. Kemudian pemudik juga diminta untuk selalu menjaga keselamatan saat berkendara.

"Selain itu pemudik juga diimbau untuk melakukan pengecekan kendaraan sebelum memulai perjalanan agar kendaraan yang digunakan selalu dalam keadaan prima," imbau BPJT dalam situsnya.

"Patuhi aturan berkendara dan rambu lalu lintas selama di perjalanan. Utamakan keselamatan bukan kecepatan," tambah mereka.

Pemotongan tarif tol ini ditujukan untuk merangsang masyarakat agar mau pulang lebih dulu sehingga kendaraan tidak terkonsentrasi pada satu waktu. Pergerakan arus balik sendiri diprediksi akan mulai meningkat pada H+2 sampai dengan H+4 Hari Raya Idulfitri 1445 H (13-15 April 2024).

Potongan tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

"Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang-Jakarta," ujar Faiza dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (11/4/2024).

Berikut besaran diskon tarif tol 20% untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta (hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama):

Kendaraan Golongan I

  Semula Rp 421.500 menjadi Rp 337.200 potongan tarif Rp 84.300

Kendaraan Golongan II dan III

  Semula Rp649.500 menjadi Rp519.600, potongan tarif Rp129.900


Kendaraan Golongan IV dan V

  Semula Rp856.500 menjadi Rp685.200, potongan tarif Rp171.300. (detikcom)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama