Ini Bus Sumbar yang Miliki Divisi Pariwisata

Bus Nyaman Holiday

PADANG-Sumatera Barat merupakan daerah wisata. Tak ada tambang mineral besar maupun gas di provinsi tersebut. Sumatera Barat memiliki nilai lebih berupa panorama alam yang bisa dijual untuk sektor pariwisata.

Sumatera Barat memiliki gunung, kebun teh, hamparan persawahan, danau, ngarai, air terjun dan lain sebagainya. Provinsi ini juga punya destinasi wisata air panas.

Selain alam, Sumatera Barat memiliki destinasi wisata sejarah, budaya, tradisi, alek nagari dan lain sebagainya. Ada pula wisata minat khusus. Potensi itu juga layak dijual kepada wisatawan.

Satu hal lagi, Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya kuliner. Siapa yang tak kenal dengan nasi kapau, rendang, tambusu, los lambuang, sate, dendeng batokok dan lain sebagainya.

Potensi-potensi wisata itu dimanfaatkan oleh pengusaha dengan menyediakan armada pariwisata. Banyak angkutan wisata di Sumbar. Mulai dari bus besar hingga jasa travel.

Di Sumatera Barat, juga ada perusahaan otobus pariwisata yang terafiliasi dengan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Bus-bus yang terafiliasi itu adalah, NPM memiliki Vircancsa yang berpusat di Padang Panjang.

Lalu, ANS memiliki Nyaman Holiday yang berpusat di Padang. Bus ini gunakan karoseri Laksana dan Adiputro, beda dengan ANS yang selalu setia dengan Morodadi Prima.

Sementara Gumarang Jaya yang memiliki divisi pariwisata, Vido Trans Nusa. Bus Miyor juga punya divisi pariwisata.

Ketika penumpang sedang ramai-ramainya, maka divisi pariwisata itu dikerahkan untuk membantu armada reguler, seperti pada masa arus balik dari Sumbar ke Jakarta sekarang. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama