Jelang Pilkada Kota Gunungsitoli, Sowa’a-Marthinus Daftar di Partai Demokrat

Pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota di Partai Demokrat Gunungsitoli


GUNUNGSITOLI-Bakal calon kepala daerah Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli dan Marthinus Lase menunjukkan keseriusan dalam  mendapatkan dukungan Partai Demokrat untuk maju dalam pilkada mendatang.

Wali kota dan anggota DPRD Kota Gunungsitoli itu resmi mendaftar sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di penjaringan calon kepala daerah pada partai pemilik empat kursi di DPRD dan dua calon terpilih, Sabtu (27/4/2024).

Kali ini, Sowa’a-Marthinus bersama puluhan tim pemenangan atau simpatisan dan tokoh PDIP dan Golkar datang untuk meminang partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka disambut pengurus Demokrat, kader dan satgas penjaringan di Posko Satgas Jalan Mistar, Desa Mudik.

Acara tersebut diawali dengan upacara keagamaan dan dilanjutkan dengan upacara nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu mars Partai Demokrat.

Sowa’a Laoli menyampaikan ucapan dan syukur atas penyambutan serta kesempatan yang diberikan dalam rangka pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada pilkada mendatang.

Ia menerangkan, jika dilihat ke belakang saat ini, Kota Gunungsitoli sudah 16 tahun menjadi daerah otonom.

"Perkembangan Kota Gunungsitoli sudah lebih baik dari masa ke masa dan itu terus berlanjut dengan dinamika yang terus berkembang,” paparnya

Dikatakan Sowa’a, secara pribadi sangat senang bisa bersama–sama dengan Partai Demokrat. Ketika melihat pilkada 2020 lalu, dia sebagai calon Wakil Wali ota Gunungsitoli pada saat itu dan partai tersebut terus bersamanya. 

“Salah satu partai pendukung pada saat itu adalah Partai Demokrat, tentu hal ini tidak pernah kami lupakan, " ungkapnya.

“Melihat semua proses tersebut, maka masih banyak hal yang harus kita lakukan di Gunungsitoli. Bagaimana kita melihat Gunungsitoli  5, 10 dan 15 hingga 20 tahun ke depan, maka kami memberanikan diri untuk melanjutkan dan mempersiapkan kota ini menjadi Gunungsitoli yang maju, hebat dan berkelanjutan,” tambahnya.

Ketua Satgas Penjaringan Pendaftaran, Theodore Hulu mengatakan, sudah ada satu kandidat yang mendaftar. "Pak Sowa’a – Marthinus merupakan calon kedua yang mendaftar ke Demokrat," katanya.

Ke depan, kata dia, tim penjaringan akan meneliti persyaratan, bila ada kekurangan nantinya akan disampaikan melalui penghubung. "Berkas ini akan kita sampaikan di tingkat DPD provinsi hingga ke DPP Demokrat dan menunggu hasil sebagai syarat pemaparan di DPP," katanya.

Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Demokrat Trimen Harefa menyampaikan, DPC Partai Demokrat merasa terhormat didatangi Wali ota Gunungsitoli Sowaa Laoli dengan didampingi Martinus Lase sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota periode 2024 - 2029.

“Keduanya memiliki rekam jejak yang baik dalam pemerintahan dan politik. Kita semua meyakini pasangan ini mampu melanjutkan fondasi pembangunan yang diletakkan wali kota sebelumnya," jelasnya.

Demokrat bangga melihat Sowaa Laoli sekarang menjadi wali kota dan kembali mendaftarkan diri di Demokrat. "Tentu sejarah pilkada 2020 kita akan ulang dengan kembali memenangkan pilkada 2024," katanya.

 Kolaborasi Partai Demokrat, Partai Golkar dan PDIP beserta PSI akan melahirkan kekuatan, baik dalam proses pemilu dan setelah pemilu. 

"Tentu setelah ini, berkas akan kami kirim ke DPD dan DPP untuk dilakukan verifikasi sebelum mendapatkan rekomendasi Ketua Umum Partai Demokrat,” kata dia. (YL)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama