Masa Sidang Pertama Ditutup, Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Siap Tuntaskan Pekerjaan di Ujung Masa Pengabdian

Anggota DPRD Padang serahkan laporan kegiatan di masa sidang pertama 2024

PADANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang menggelar rapat paripurna dalam rangka menutup masa sidang pertama dan membuka masa sidang kedua 2023. Rapat paripurna diadakan di gedung dewan, komplek perkantoran Aie, Pacah, Selasa (30/4/2024).

Semua anggota DPRD Padang sepakat untuk menutaskan semua pekerjaan di ujung masa pengabdian. Tak lama lagi aka dilakukan pelantikan anggota DPRD hasil Pemilu 2024. Di ujung pengabdian, anggota DPRD sekarang akan menuntaskan pekerjaan yang masih terbengkalai.

Rapat paripurna dibuka Ketua DPRD Syafrial Kani. Ketika pimpin siding, ketua didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen dan Wakil Ketua Ilham Maulana serta Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar.

"Sesuai peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2018 sebagaimana diubah pada peraturan DPRD Nomor 1/2019 tentang Aturan Tata Tertib pasal 146 ayat 1, setelah melihat daftar hadir dinyatakan quorum telah terpenuhi dan rapat paripurna resmi dibuka," kata Syafrial Kani.


Sekretaris Dewan sampaikan kinerja DPRD pada masa sidang pertama 2024


Agenda pertama dimulai dari penyerahan laporan kunjungan kerja komisi-komisi pada masa sidang pertama.

"Ketua dan pimpinan komisi menyerahkan hasil kunjungan kerja ke DPRD dengan urutan dari Komisi I, hingga komisi IV," tuturnya.

Kemudian, kegiatan ditindaklanjuti dengan agenda kedua penyerahan laporan reses DPRD masa sidang satu.

Kemudian agenda ketiga penutupan masa sidang I dan pembukaan masa sidang II.

"Menutup masa sidang I dan membuka sidang II. Kita berharap kegiatan di masa sidang I bisa memberikan manfaat sesuai tugas pokok DPRD. Dan dengan dibuka masa sidang kedua dan apa yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar," ujar Syafrial Kani.

Sebagai bahan evaluasi dan kajian untuk menetapkan kajian di masa mendatang, Sekwan Hendrizal Azhar membacakan produk yang dihasilkan dewan pada masa sidang pertama tahun ini.

"Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi wewenangnya, telah dirangkum kegiatan pada masa sidang I Januari hingga April 2024," ujarnya.

Di antaranya, uraian rapat-rapat, kunjungan kerja, undangan hingga surat masuk. 

"Untuk rapat-rapat, rapat pimpinan empat kali, rapat paripurna terdiri dari rapat paripurna biasa, paripurna internal khusus, rapat internal. Rapat panitia khusus internal dan sejumlah rapat lainnya," tuturnya.

Kemudian ada reses di Januari sampai April.

Komisi I DPRD rapat internal, rapat kerja dengan eksekutif. Komisi II rapat internal, dengan eksekutif, serta sejumlah dengar pendapat.


Anggota DPRD Padang ikuti rapat paripurna

Komisi III adakan rapat internal, hearing. Kemudian Komisi IV juga melakukan agenda yang sama.

Produk dewan di antaranya surat keputusan DPRD, tinjauan kerja, musyawarah, perjalanan komisi dan lainnya.

Surat masuk ke ketua DPRD ada dari gubernur atau Kemendagri. Kemudian surat dari wali kota atau sekda. Ada pula surat dari snstansi atau swasta, dari komisi di DPRD. 

Ada pula surat fraksi.  "Ada pula laporan pengaduan," kata Hendrizal.

Ketua DPRD Syafrial Kani bersyukur paripurna tutup masa sidang pertama dan buka masa sidang kedua lancer dilaksanakan. "Kami menyiapkan beberapa agenda. Seperti pembahasan beberapa ranperda, paripurna internal," ujar Syafrial Kani. 

Dikatakan Syafrial Kani, tugas dan tantangan DPRD akan diselesaikan dengan Waktu tersedia, mengingat tak lama lagi akan dilakukan pelatikan anggota DP{RD yang baru. 

Rapat paripurna tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar, Sekretaris Daerah Andree Algamar, para asisten, kepala OPD dan undangan lainnya. (adv)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama