Masuk Perguruan Tinggi Negeri, 9.997 Peserta Ikuti Ujian di Universitas Andalas

Peserta ikut seleksi masuk perguruan tinggi di Unand

PADANG-Sebanyak 9.997 peserta memilih melakukan ujian di pusat ujian tulis berdasarkan komputer (UTBK) seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) Universitas Andalas.

Universitas Andalas hanya melakukan ujian tulis berdasarkan komputer seleksi nasional berdasarkan tes satu gelombang, yang berlangsung 30 April dan 2-5 Mei, sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur SNBT dijadwalkan pada 13 Juni 2024.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Syukri Arief mengungkapkan, pihaknya menyediakan 17 lokasi ujian di Kampus Limau Manis yang tersebar di berbagai labor komputer dari beberapa fakultas dan juga sekolah pascasarjana.

“Untuk lokasi ini, nantinya peserta akan lebih dimudahkan dengan adanya scan QR code (google map) serta juga akan ada pemandu dari resimen mahasiswa, pramuka dan juga petugas keamanan Universitas Andalas,” ujarnya, Selasa (30/4/2024).

Unand menyiagakan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Universitas Andalas selama pelaksanaan ujian berlangsung.

"Untuk Sumatera Barat sendiri terdapat tiga lokasi pusat UTBK SNBT masing-masing Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang  dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang," sambungnya.

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi menuturkan, sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri  2024 diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur masuk, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

“Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan panitia SNPMB, sedangkan jalur seleksi mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing,” ujarnya.

Rektor mengungkapkan, jalur SNBT diikuti peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti UTBK sebagai langkah awal dalam proses seleksinya.

“Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali dan hasilnya hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN 2024 saja,” kata dia.(*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama