Selama Libur Lebaran, Tiga Peristiwa Kebakaran Terjadi di Agam

 Petugas padamkan api di rumah warga yang terbakar.


AGAM - Selama libur lebaran, telah terjadi beberapa peristiwa kebakaran di Agam. Peristiwa ini menimbulkan kerugian hingga ratusan juta dan satu korban meninggal dunia.


Kepala Bidang Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Agam, Eki Marlinda mengatakan, selama musim liburan lebaran di wilayahnya terjadi tiga kebakaran.

“Hingga Selasa, kami mencatat tiga kejadian kebakaran di Agam. Lokasinya tersebar di tiga kecamatan,” ujarnya, Rabu (17/4) di Lubuk Basung.

Kejadian pertama sebutnya, terjadi pada 6 April 2024. Kebakaran melanda rumah warga di Tanjung Alai, Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya.

“Musibah kebakaran di Tanjung Raya ini diperkirakan menimbulkan kerugian Rp50 juta,” sebutnya.

Kebakaran besar melanda rumah semi permanen milik warga Lasi, Kecamatan Canduang pada 12 April 2024. Peristiwa ini menyebabkan seorang remaja meninggal dunia. Selain korban jiwa, kejadian ini ditaksir menimbulkan kerugian hingga Rp600 juta.

Pada hari yang sama lanjutnya, api juga melahap rumah warga Sungaipua. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian hingga Rp200 juta.

“Total kerugian dari tiga kejadian ini mencapai Rp850 juta dan satu orang warga tidak bisa diselamatkan. Sedangkan jumlah warga terdampak 17 jiwa,” ungkap Eki.

Untuk penyebab kebakaran, kata Eki lagi, masih belum bisa dipastikan. Pihak terkait masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Eki mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan kemungkinan terjadinya kebakaran. Ia mengingatkan masyarakat untuk memberikan perhatian ekstra kepada hal-hal yang dapat menimbul kebakaran.

“Jika seandainya meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, pastikan aliran listrik dalam keadaan aman. Kemudian, pastikan kompor dalam keadaan mati setelah memasak, sehingga potensi kebakaran bisa kita hindari,” ajaknya. (HR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama