ASN Pemko Solok Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

 


Kota Solok - Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN diingatkan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) secara rutin minimal satu kali dalam setahun

Hal itu dikatakan Drg. Melga Halim dari Puskesmas Nan Balimo pada saat pemeriksaan rutin Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan untuk seluruh pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok, Rabu (8/5/2024).

Drg. Melga, mengatakan seiring dengan bertambahnya usia, proses perbaikan (regenerasi) sel-sel tubuh melambat, meningkatkan risiko terserang penyakit. Tetapi, dengan menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin, seseorang dapat mencegah penyakit dan merawat kesehatannya.

Dia berpendapat bahwa kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya penyakit serta pentingnya pencegahan membuat masyarakat enggan melakukan medical check up.

Selain melaksanakan cek gula darah dan asam urat, cholesterol juga dilakukan pengukuran tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah dan indeks masa tubuh.

Sekretaris Disperkim Iwan Setiwan menyampaikan waktu layanan hanya dilaksanakan satu hari saja bagi segenap pegawai Disperkim, maka hargailah waktu, deteksi dini masalah kesehatan adalah cara menyayangi diri sehingga dapat dilakukan antisipasi dengan melakukan pencegahan dan pengobatan.

Tak lupa Drg. Melga Halim selaku konsultan dari Puskesmas Nan Balimo mengingatkan agar pegawai laki-laki untuk memperhatikan lingkar pinggang sebagai barometer menghindari penyakit gula darah, kolesterol, darah tinggi, dan sebagainya. Ia menghimbau untuk sering berolahraga dan memperbaiki pola makan, istirahat yang cukup, menjaga pola pikir, dan mengurangi konsumsi gula berlebihan. 

Sekretaris Dinas Perkim berterima kasih kepada pihak Puskesmas Nan Balimo  yang telah memberikan tambahan pengetahuan mengenai kesehatan kepada jajaran Dinas Perkim Kota Solok serta memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis juga sosialisasi mengenai Layanan Sipandu Bero (Sinergitas Pos Pelayanan Terpadu dan Berhenti Merokok).

“Mari kita jaga kesehatan, agar tetap lancar dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara, maka manfaatkan layanan gratis ini untuk memeriksakan kesehatan kita,” tutupnya. (sis)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama