Dinas Lingkungan Hidup Kunjungi Diskominfo Kota Solok


KOTA SOLOK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  dikunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Solok dalam rangka program evaluasi statistik sektoral, Kamis (16/5/2024).

Kepala Bidang Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Agus Susanto, SH. Menyambut langsung Kepala Bidang Tata Kelola E-Gov dan Statistik (TKES) Diskominfo, Adel Wiratama, ST, M.CIO bersama staf

Kabid TKES Adel Wiratama menyampaikan bahwa terkait program Evaluasi Statistik Sektoral, Dinas Lingkungan Hidup merupakan salah satu sampel penilaian statistik sektoral, khususnya dalam penyusunan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD).

Dikatakan Adel Wiratama bahwa dokumen IKPLHD ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan prioritas pembangunan Kota yang berwawasan lingkungan. Karena informasi tersebut menjadi acuan kebijakan dan perencanaan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup.

Sementara itu, pihak DLH Agus Susanto, mengungkapkan bahwa dokumen IKPLHD ini juga erat kaitannya dengan penilaian penghargaan Nirwasita Tantra. Yakni, sebuah apresiasi yang diberikan kepada kepala daerah yang telah berjasa dalam merumuskan dan menerapkan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Agus Susanto, mengatakan melalui dokumen IKPLHD dapat mewujudkan kebijakan daerah yang holistik dan terintegrasi. Yang pada akhirnya akan mempercepat perbaikan kualitas lingkungan hidup yang ada di Kota Solok.

“Dengan disusunnya dokumen IKPLHD ini maka akan dapat meningkatkan kepercayaan publik serta menunjang pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu penyusuan Dokumen IKPLHD juga merupakan sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik, sehingga dapat menunjang pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik sesuai semangat reformasi birokrasi,” tambahnya," paparnya. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama