Kementerian PUPR Sipkan Bantuan Rehabilitasi Terhadap Dampak Banjir Bandang di Agam

 

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Riono Suprapto,tinjau dampak bencana di Kabupaten Agam


AGAM - Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs H Edi Busti MSi, menerima kunjungan Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Riono Suprapto, di Posko Penanggulangan Bencana SDN 08 Simpang Bukik, Kabupaten Agam, Kamis (16/5). 

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung dampak bencana yang terjadi pada Sabtu (11/5) lalu dan merencanakan bantuan rehabilitasi.

Dalam pertemuan tersebut, Sekdakab Agam menyampaikan bahwa kebutuhan prioritas saat ini adalah untuk kondisi tanggap darurat, termasuk kebutuhan air bersih, toilet portabel, dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, juga membahas terkait kondisi terkini dan langkah-langkah yang diperlukan untuk penanganan pasca bencana.

Dalam audiensinya, Riono Suprapto menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan rehabilitasi untuk fasilitas umum yang terdampak, seperti sekolah, saluran irigasi, rumah ibadah dan beberapa fasilitas lainnya, setelah masa tanggap darurat berakhir pada 25 Mei 2024. 

"Sekda telah menyampaikan laporan penanganan tanggap darurat kepada kami serta meminta penanganan yang dapat dilakukan oleh Pemda untuk difasilitasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum, seperti jembatan dan fasilitas umum lainnya," jelas Hidayat.

Selain bantuan untuk fasilitas umum, Hidayat juga menegaskan komitmen pemerintah untuk membantu pembangunan rumah bagi warga yang terdampak, dengan syarat warga menyediakan lahan secara mandiri. 

"Kami juga akan membantu pembangunan perumahan bagi warga yang terdampak, dengan syarat memiliki lahan sendiri," tambahnya.

Pemkab Agam menegaskan komitmennya untuk terus berupaya maksimal dalam penanganan bencana ini. 

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum. Pemkab Agam akan memastikan semua bantuan ini tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Kami juga berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan semua pihak terkait guna mempercepat proses pemulihan pasca bencana," ujar Edi Busti 

Pemkab Agam akan fokus pada upaya rehabilitasi dan rekonstruksi demi pemulihan kondisi masyarakat dan infrastruktur di daerah terdampak bencana.(HR)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama