KPU Gunungsitoli Luncurkan Tahapan Pilkada, Eno Eni Jadi Maskot Pilkada

 Peluncuran mascot pilkada oleh KPU Gunungsitoli 


GUNUNGSITOLI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli luncurkan tahapan dan jadwal pemilihan wali kota dan wakil wali kota. Peluncuran itu dikemas dengan kegiatan pawai bersama masyarakat dari halaman KPU menuju Taman Ya'ahowu, Senin (27/5/2024). 

Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Cardinal Pranatal Mendrofa menyampaikan, 183 hari lagi menuju pemungutan dan penghitungan suara untuk pilkada serentak.

Pelaksanaan pilkada kali ini sesuatu yang baru karena dilaksanakan secara serentak, sama dengan pemilihan umum pada Februari lalu. Pilkada akan dilaksanakan 27 November 2024.

"Pilkada kali ini dilaksanakan di 36 provinsi dan 508 kabupaten/kota, salah satunya adalah Gunungsitoli," ungkap Cardinal. 

Cardinal menerangkan, KPU Gunungsitoli telah memulai beberapa tahapan dengan merekrut badan adhoc panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkatkan desa.

"Semuanya telah dilantik. Itu salah satu tahapan persiapan yang dilaksanakan KPU Gunungsitoli dan akan meluncurkan tahapan pilkada," jelasnya. 

Cardinal mengungkapkan, KPU Kota Gunungsitoli telah melakukan pleno yang menjadi maskot pilkada yaitu Eno dan Eni yang merupakan gabungan dari bahasa daerah Nias yaitu enoni, artinya pelayan. 

"Jadi, melalui maskot yang kami tampilkan harapannya pesan ini bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat datang ke TPS untuk memilih Enoni yang benar benar melayani," ungkap Cardinal. 

Selain itu, KPU juga meluncurkan jingle pilkada dengan penciptanya musisi Nias yang sangat terkenal yaitu Man Harefa dan berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya. 

"Sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat selalu di bawah 70 persen dan harapannya di tahun ini partisipasi masyarakat meningkat atau setidaknya sejajar dengan partisipasi pemilihan umum lalu yang mencapai 78 persen," kata Cardinal. 

Peluncuran itu dimeriahkan artis Kepulauan Nias, Tice Halawa, Sondrara Band, Serasi Trio serta Kegiatan Sanggar Budaya Ladari PJBN dan dihadiri jajaran forkopimda, ormas, kelompok masyarakat serta media. (YL)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama