DPRD Padang Adakan Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Profesionalisme

 Narasumber dan peserta bimtek foto Bersama

 

PADANG-Mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan terbaru terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang, pimpinan dan anggota DPRD Padang ikuti bimbingan teknis (bimtek) untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota dewan.

Bimtek tersebut mengambil tema pembahasan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang daerah (RPJMD) serta achievement motivation purna bhakti DPRD.

Bimtek diselenggarakan selama tiga hari dari 27 Mei hingga 29 Mei bertempat di Bali.

Kegiatan itu dibuka ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, dihadiri para wakil ketua, Amril Amin, Arnedi Yarmen, Ilham Maulana, sekretaris dewan, Hendrizal Azhar dan 42 anggota DPRD.

Sekretaris DPRD, Hendrizal Azhar dalam laporannya mengatakan tujuan dari bimtek agar pimpinan dan anggota DPRD memahami prosedur legislasi, termasuk mengusulkan, membahas, dan menyetujui peraturan daerah. 

Ini mencakup proses pembentukan peraturan, pembahasan anggaran, dan fungsi legislatif lainnya.

Begitu juga pada peran pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah. 

"Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota DPRD dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kebijakan dan program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, "ujar Hendrizal Azhar.

Selain itu, bimtek juga dapat membantu pimpinan dan anggota DPRD untuk lebih memahami dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. 

Ini mencakup cara berkomunikasi dengan konstituen, mendengarkan aspirasi masyarakat, dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan.

Tidak kalah penting dalam membangun relasi kemitraan dengan eksekutif untuk pembangunan daerah.

Ketua DPRD Syafrial Kani menuturkan bimtek terselenggara dengan bekerjasama dengan LPM Universitas Dwijendra, Denpasar.

Dikatakan, ketiga materi ini sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi Pemerintahan Kota Padang saat ini. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama