Desa Wisata Jepang, Tapi Rasa Indonesia

Inilah Desa Wisata Saiko Iyashino Sato Nenba di Jepang yang rasa Indonesia. (detikcom)

TOKYO, MJ News - Kadang saat kita traveling, selalu ada hal yang mengingatkan kita akan Indonesia. Contohnya seperti desa wisata di bawah kaki Gunung Fuji ini.

Adalah Saiko Iyashino Sato Nenba yang berarti desa yang yang berada dekat dengan Danau Saiko, salah satu desa wisata populer di kawasan wisata Gunung Fuji di Jepang.

Walau berlokasi di Jepang, tapi desa wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan Indonesia. Hal itu pun dibuktikan dengan adanya sebuah toko bernama Indonesia yang dilihat detikcom saat berkunjung ke sana pekan lalu.

Tak jauh dari lokasi turun bus wisata, warung dengan nuansa tradisional Jepang itu diketahui menamakan dirinya sebagai Toko Nenek. Bukan dalam bahasa Jepang, melainkan bahasa Indonesia.

Yang menarik lagi, dapat dijumpai juga sejumlah kertas warna-warni lain dengan bahasa Indonesia di dalamnya. Kalimatnya pun bermacam-macam, antara lain: “Horas, selamat datang di toko nenek,” yang identik dengan salam bahasa Batak.

“Selamat datang, orang Indonesia? Wajib!!! Mampir ya,” kalimat ajakan berbahasa Indonesia lainnya.

Masalahnya, sang pemilik toko adalah sepasang kakek dan nenek yang asli Jepang dan sulit berbahasa Inggris. Sehingga, sulit untuk bertanya seputar asal muasal tanda berbahasa Indonesia tersebut.

Selain bahasa Indonesia, ada juga kalimat imbauan serupa dalam bahasa negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia dan Filipina. Entah siapa yang menulis kalimat dalam bahasa-bahasa tersebut.

Di luar nama toko dan tulisan berbahasa Indonesia serta lainnya itu, toko tersebut juga mencantumkan label halal. Tentu toko nenek ini bisa jadi pilihan bagi traveler Indonesia apabila berkunjung ke desa Saiko Iyashino Sato Nenba.

Saat berkunjung ke sana, memang dapat dijumpai sejumlah turis Indonesia yang lalu lalang di desa wisata ini. Walau, jumlahnya tidak sebanyak turis China yang juga datang saat itu, seperti ditulis detik.com.  (eds)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama