Pengwil INI Sumbar Gelar Seleksi ALB dan Magang Bersama


  • Gandeng Fakultas Hukum Universitas Andalas


Dekan Fakultas Hukum Unand, Busra Azheri bersama Ketua Prodi M.Kn, Fakultas Hukum Unand, Azmi Fendri, Ketua Pengwil INI Sumbar, M. Ishaq, Ketua Bidang Organisasi Pengwil INI Sumbar, Heri Tito Rinaldi tandatangani nota kesepahaman, Jumat (21/2) di Aula Pascasarjana Fakultas Hukum Unand, Padang. (ist)

Padang, MJ News - Tingkatkan kualitas para notaris di Indonesia, Ikatan Notaris Indonesia (INI) Pengurus Wilayah (Pengwil) Sumbar bekerjasama dengan Universitas Andalas Program Studi Magister Kenotariatan melaksanakan seleksi anggota luar biasa dan magang bersama, Jumat (21/2/2020).

“Kami dari INI Pengwil Sumbar merasa bertanggung jawab menyiapkan calon notaris yang siap pakai dan berintelektual. Maka untuk itu dengan kegiatan kita harapkan para calon notaris serius dalam meningkatkan pemahamannya atas kode etik notaris maupun aplikasinya,” ujar Ketua Pengwil Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumbar, Muhammad Ishaq.

Setidaknya sebanyak 28 lulusan Prodi Magister Kenotariatan (M.Kn), Fakultas Hukum Universitas Andalas mengikuti Seleksi Anggota Luar Biasa (ALB).

Dalam kesempatan sama juga dilangsungkan, Magang Bersama yang diikuti 39 Calon Notaris. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari, mulai Jumat (22/2/2020).

Ketua Panitia Magang Bersama, Mitra Pemilda, SH, M.Kn mengatakan, untuk mengikuti magang bersama, persyaratannya peserta mesti harus magang terlebih dahulu di kantor notarisnya masing-masing.

Sedangkan, seleksi ALB, menurut Ketua Bidang Organisasi Pengwil INI Sumbar, Heri Tito Rinaldi, merupakan gerbang pertama bagi mahasiswa kenotariatan, sebelum menjadi anggota dan untuk menjadi notaris. Namun, untuk menjadi notaris butuh proses yang panjang.

“Tentunya dengan panjangnya proses yang akan dilalui untuk menjadi notaris, kita harap benar-benar menjadikan notaris yang berkualitas dalam penanganan hal yang berkaitan dengan kenotariatan,” ulasnya.

INI Sumbar saat ini memiliki anggota mencapai 300 lebih notaris. Eksistensi organisasi INI ini, menurutnya, sangat penting. Dari Pengurus INI sampai kepada insan notaris agar dapat memiliki rasa memiliki, dan menjaga marwah organisasi ini. 

Ketua Bidang Litbang, Pengwil INI Sumbar, Reni Agustan mengatakan, dalam prosesnya untuk menjadi notaris, setelah seleksi ALB, bagi calon notaris selanjutnya mendaftar jadi ALB dan mengikuti magang bersama selama 24 bulan. Selanjutnya, calon notaris baru mengikuti ujian kode etik dan kemudian mengajukan permohonan jadi notaris.

Dekan Fakultas Hukum Unand, Busra Azheri mengucapkan terimakasih kepada Pengwil INI Sumbar yang telah membawa dua kegiatan internalnya ke Kampus Fakultas Hukum Unand. Menurutnya, pihak kampus hanya melahirkan produk, yakni lulusan M.Kn. Sedangkan proses selanjutnya terkait profesi dari lulusan yang dilahirkan, berada di tangan Pengwil INI Sumbar, seperti pelaksanaan Seleksi ALB dan Magang Bersama ini. 

Busra berharap, Alumni Fakultas Hukum Unand harus punya karakter, tidak saja dari segi etis tapi kualitas.

“Melalui seleksi ALB dan Magang Bersama yang pertama kali dilaksanakan bekerjasama dengan pihak kampus ini, kami ingin sumbang pikiran nantinya. Sinergi dan fleksibilitas dalam pengem bangan pendidikan notaris, harus mengikuti dinamika yang ada.  Sehingga, Alumni Fakultas Hukum Unand makin merasa kampus ini milik dan rumah mereka,” ujarnya.

Ketua Prodi Magister Kenotariatan (M.Kn), Fakultas Hukum Unand, Azmi Fendri mengatakan, kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta dan alumni.
Profesi notaris menurutnya adalah profesi mulia. Peserta adalah calon pejabat notaris ini pada akhirnya akan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. 
Ketua Pengwil INI Sumbar, M. Ishaq mengatakan, kegiatan seleksi ALB dan Magang Bersama juga dihadiri Pengda INI  Kabupaten Kota.

Seleksi ALB ke depan, nantinya dilaksanakan di masing-masing Pengda INI.

Seleksi ALB dan Magang Bersama sebuah proses yang harus dilewati jadi notaris. “Suka atau tidak suka, proses ini harus dilewati untuk jadi notaries,” harapnya. (eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama