Unand Lepas 1.218 Lulusan D3 dan S1

loading...

Rektor Unand, Prof. Yuliandri menyalami salah satu lulusan terbaik pada wisuda I Unand tahun 2020, Sabtu (22/2) di auditorium kampus tersebut.

PADANG, MJ News - Universitas Andalas (Unand) melepas sebanyak 1.218 lulusan program diploma tiga dan sarjana pada wisuda I Unand tahun 2020, Sabtu (22/2/2020) di auditorium kampus tersebut.

Rektor Unand, Prof. Yuliandri kepada wartawan usai pelaksaan wisuda mengatakan kalau dirinya optimis para lulusan Unand bisa bersaing dan mendapatkan kesempatan bekerja di luar sana.

“Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, tentu menjadi tantangan bagi para lulusan perguruan tinggi saat ini, Unand dalam hal ini yakin lulusannya mampu bersaing karena mereka memiliki potensi dan modal untuk berkiprah di dunia kerja,” kata rektor.

Terkait dengan pengembangan potensi, katanya, Unand juga mendorong mahasiswanya untuk tidak saja aktif dalam kegiatan belajar mengajar tapi juga aktif dalam kegiatan-kegiatan kelembagaan serta sejumlah program-program pengembangan diri.

“Makanya dalam setiap wisuda kita juga berikan apresiasi kepada para aktifis kampus, sehingga mendorong dan menginspirasi mahasiswa lain untuk bisa aktif dalam mengembangkan potensinya,” kata Yuliandri.

Yuliandri berharap dengan perkembangan teknologi dan munculnya jenis pekerjaan baru, lulusan Unand bisa segera berkiprah di dunia kerja, baik itu dengan mengabdi di instansi pemerintahan, swasta, atau juga membuka lapangan pekerjaan baru kedepannya.

“Saya berharap para lulusan ini tetap menjadi orang yang idealis dan menjaga nama baik almamaternya,” pungkasnya.

Selain itu, kata rektor, Unand juga sedang menyiapkan 15 program studi untuk menerapkan kebijakan Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami sudah menyepakati kontrak kerja dengan Kemendikbud untuk pelaksanaan program kampus merdeka dan ada sekitar 1.500 mahasiswa yang akan diikutsertakan,” jelasnya.

Menurut dia pada program Kampus Merdeka mahasiswa melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata, magang, serta dilibatkan dalam penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat.

Seperti diketahui juga, adapun pada wisuda I untuk jenjang diploma tiga dan sarjana ini lulusan berasal dari 15 fakultas yang ada di Unand.

Lulusan terbanyak dihasilkan fakultas ekonomi (sarjana ekonomi) sebanyak 202 orang lulusan, disusul fakultas teknik (sarjana teknik) sebanyak 129 orang lulusan, kemudian fakultas pertanian (sarjana pertanian) sebanyak 112 lulusan dan fakultas hukum (sarjana hukum) dengan 101 orang lulusan. (eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama