TRC BPBD Padang Bersihkan Pohon Tumbang

Sejumlah petugas menyingkirkan pohon yang tumbang dari jalan raya.

Padang, MJ News - Akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari ini, setidaknya telah menyebabkan beberapa kerusakan seperti pohon tumbang di beberapa titik di Padang.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah terjadi beberapa pohon tumbang di sejumlah tempat sejak Jumat (21/2/2020) hingga Sabtu (22/2/2020).

Menyikapi hal itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dibantu personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan juga dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung berjibaku melakukan pembersihan dan pemotongan reruntuhan pohon yang tumbang tersebut.

“Pada Jumat telah terjadi pohon tumbang di sejumlah titik. Di antaranya di kawasan Jalan Surau Ikhlas 2 No.9 RT 02 RW 5 Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo yang menimpa rumah dan kabel listrik. Selanjutnya hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Padang Barat yakni di Jalan Bundo Kanduang Kelurahan Belakang Tangsi Kecamatan Padang Barat. Lalu di jalan Depan Don Bosco Taman Melati dan Jalan Patimura depan Apotek Minang Kelurahan Olo,” terang Kepala BPBD Barlius, Sabtu (22/2/2020).

Pohon tumbang lainnya juga terjadi di kawasan Kecamatan Padang Timur. Di antaranya di Jalan Aziz RT 04 RW 1 Kelurahan Andalas yang mengakibatkan terhambatnya akses jalan. Selanjutnya di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan KIS Mangunsarkoro Kelurahan Jati Baru, depan Klinik Medika Simpang Haru serta Jalan Ksatrian No.16 Kelurahan Ganting Parak Gadang.

Selain itu pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Pauh yakni di Jalan Mohammad Hatta RT 01 RW 8 Kelurahan Limau Manis. Kemudian di Kecamatan Koto Tangah tepatnya di Jalan Lubuk Minturun RT 02 RW 7 serta di Kecamatan Padang Selatan pada Jalan Kampung Nias 5 Kelurahan Alang Laweh dan Jalan A.R Hakim Kelurahan Belakang Pondok.

Menurut Barlius, pada Sabtu (22/2/2020) angin kencang terus terjadi dan juga kembali menyebabkan pohon tumbang di beberapa tempat.

Antara lain, pohon tumbang di Jalan Lubuk Minturun RT 02 RW 7 dan juga di Jalan Patimura Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat.

“Alhamdulillah kita langsung melakukan tindak lanjut dengan segera melakukan pembersihan dan pemotongan pada pohon tumbang tersebut sehingga tidak menyebabkan gangguan pada pengguna jalan dan pemilik rumah yang tertimpa pohon tersebut,” tukasnya.

Untuk saat ini dan ke depan pihaknya terus bersiaga mengantisipasi bahaya pohon tumbang akibat angin kencang yang telah terjadi beberapa hari ini.

Ia pun juga mengimbau warga kota  tetap berhati-hati dengan menjauhi pohon-pohon besar dan tua ketika angin kencang terjadi. Begitu juga dalam memarkirkan kendaraan roda empat atau roda dua agar menjauhi pohon besar dan tua tersebut. (eds)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama