Dua Warga Sumsel Diisolasi Sepulang Umrah Negatif MERS dan Corona

loading...


PALEMBANG, MJ News - Dua warga dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH), MS asal Prabumulih (64) dan F warga Palembang (77), dinyatakan negatif virus MERS dan Corona. Keduanya akan dipulangkan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini, mengungkapkan kepastian itu berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan yang diterima Publik Health Emergency Operation Center (PHEOC).

"Alhamdulillah kedua pasien dinyatakan negatif MERS Cov dan Corona," ungkap Lesty, Senin (9/3/2020).

Menurut dia, tim medis mengirim dua kali sampel spesimen dari kedua pasien dan semuanya negatif. Lesty enggan menyebutkan penyakit yang diderita kedua pasien.

"Kita serahkan ke RSMH untuk langkah selanjutnya," kata dia.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, meminta warganya tidak panik menghadapi virus tersebut. Bagi dia, yang perlu dilakukan adalah peningkatan kewaspadaan dan menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus asal Wuhan itu.

"Jangan terlalu panik, mudah-mudahan pemerintah bisa mengatasinya, tapi kita harus menjaga kesehatan masing-masing, jaga pola hidup sehat," imbaunya.

Diketahui, pasien laki-laki berinisial MS (64) dijemput dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menggunakan ambulance ke ruang isolasi RSMH Palembang karena mengalami gejala sesak, demam, dan batuk sepulang dari umrah, Senin (2/3/2020).

Beberapa hari kemudian, pasien perempuan berinisial F (77) juga masuk isolasi dengan gejala yang sama. Dia baru pulang umrah lima hari sebelumnya dan sempat dirawat di RS Hermina Palembang. (*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama