Hasil Survei Liberte Institute, Hariadi Menang di Pilkada Agam

loading...

Hariadi, Ketua DPW Partai Persatuan Pembanguan (PPP) Sumbar.

PADANG, MJ News - Nama Ketua DPW Partai Persatuan Pembanguan (PPP) Sumbar, Hariadi berkibar di Kabupaten Agam. Dari empat nama yang diperkirakan maju sebagai calon Bupati Agam di pilkada mendatang, Hariadi paling banyak dipilih masyarakat untuk menjadi Bupati Agam berikutnya.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan Liberte Institute terhadap prereferensi pemilih tentang pra Pilkada Kabupaten Agam dalam rentang 3 sampai 10 Maret 2020 lalu.

Direktur Eksekutif Liberte Institute, Indrayadi dalam ekspose kepada wartawan, Selasa (17/3/2020) mengatakan survei dilakukan terhadap 1.200 responden dengan margin error +- 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Metode yang digunakan yakni multistage random sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner,” katanya.

Dia mengatakan, empat nama yang diperkirakan maju mencalon menjadi Bupati Agam itu adalah Hariadi, Andri Warman, Trinda Farhan Satria dan Suhatril.

Dari empat nama tersebut, berdasarkan surver mempertanyakan siapa yang layak menjadi Bupati Agam 2021-2026, Hariadi dipilih 24,2 persen responden, disusul Andri Warman 22,5 persen, sedang Trinda Farhan yang kini Wakil Bupati Agam dipilih 16,6 persen dan Suhatril hanya 2,2 persen.

Dijelaskan nama-nama itu diambil dari sekitar sembilan besar nama yang mengapung dan masuk dalam survei. Mereka adalah Hariadi, Andri Warman, Ade Rizki Pratama, Trinda Farhan, Taslim, Feri Adrianto, Yandril, Suhatril dan Kasni.

“Sebenarnya dari sembilan nama itu, ada Ade Rizki Pratama di posisi 3 besar di atas Trinda Farhan, namun melihat Ade Rizki yang nampaknya kurang berminat maju di Agam, makanya Trinda Farhan dinaikkan. Sementara Suhatril, saat ini dia sudah mendaftar ke KPU sebagai calon perseorangan, meski elektabilitasnya terbilang kecil,” kata Indra.

Menurut Indra, alasan masyarakat memilih bupati adalah ingin perubahan, karena gambar tersebar dan dekat dengan masyarakat. Mungkin masyarakat menilai sosok Hariadi bisa membawa perubahan. Terbukti dari 16 alasan, Hariadi dinilai mampu membawa perubahan oleh 25,1 responden, tertinggi dari calon lainnya.

Sementara untuk posisi Wakil Bupati Agam, nama Irwan Fikri tampaknya tak tertandingi. Dia sejumlah nama yang mengapung, mantan Wakil Bupati Agam periode lalu itu dipilih 22,8 persen responden, disusul Novi Endri 16,2 persen, Noveri Edios 6,7 persen dan Marga Indra Putra 4,3 persen. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama