Hipmi Nilai Bisnis Pariwisata dan Pengguna Bahan Impor Paling Terdampak Virus Corona

loading...

Politikus Golkar Eka Sastra (kedua dari kanan). (ist)

JAKARTA, MJ News - Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Eka Sastra, mengatakan banyak anggotanya yang mengeluhkan usahanya terdampak virus corona. Mereka adalah pengusaha pariwisata dan pemilik usaha dengan bahan baku impor.

"Data kami, yang terdampak pariwisata dan pengusaha yang bahan bakunya impor," kata Eka dalam diskusi Populi Center bertajuk 'Corona dan Kondisi Kebutuhan Pokok Kita' di Jakarta Selatan, Sabtu (7/3/2020).

Eka menuturkan, sektor pariwisata sudah lesu. Sementara, di sektor impor, terjadi keterlambatan pengiriman bahan baku produksi.

Begitu juga dengan ekspor yang tertahan di beberapa titik tujuan. Mengatasi ini, pengusaha akhirnya mencari pasar ekspor baru ke negara-negara tradisional yang tak terdampak virus corona.

Tak hanya itu, beberapa kerjasama perdagangan dengan negara yang terkena suspect covid-19 seperti China, Jepang dan Korea ikut terganggu. Bahkan, mereka terpaksa melakukan penundaan transaksi.

"Tentu saja itu (virus corona) sangat mengganggu cash flow dan perencanaan yang kami bangun," kata Eka, seperti ditulis merdeka.com.

Harap Pemerintah Responsif

Dalam kondisi ini, Eka menilai pemerintah dan semua pemangku kebijakan harus melakukan evaluasi dari sisi produksi dan tata niaga. Dunia usaha mengharapkan sistem kelembagaan yang responsif.

"Harapan kita agar situasi kembali normal sehingga kita bisa mengeksekusi semua rencana dan beberapa kontrak kontrak yang sudah berjalan saat ini," kata Eka. (*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama