Itiak Bayang dan Sapi Pasisia, Produk Unggulan Pesisir Selatan

loading...


Painan, MJ News - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Efrianto memaparkan calon produk yang akan dijadikan sebagai ikon unggulan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kepada Sekretaris Daerah, Ir. Erizon, MT., ketika rapat koordinasi pengembangan produk unggulan di ruang rapat bupati setempat, baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Pesisir Selatan memiliki kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan di daerah setempat.

“Kabupaten Pesisir Selatan memiliki dua jenis ternak sebagai sumber kekayaan genetik lokal yaitu sapi pasisia dan itiak Bayang," ungkapnya.

Dilanjutkannya, penetapan Sapi Pasisia sebagai plasma nutfah dari Pesisir Selatan diatur dalam Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2908/Kpts/OT.140/6/2011 tentang Penetapan Rumpun Sapi Pesisir. Sedangkan penetapan itiak Bayang sebagai plasma nutfah dari Pesisir Selatan diatur dalam Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2835/Kpts/LB.430/8/2012 tentang Penetapan Rumpun Itik Bayang.

"Plasma nutfah Sapi Pasisia dan Itiak Bayang mempunyai nilai jual yang kompetitif jika dibandingkan dengan jenis ternak lainnya. Telur asin Itiak Bayang berpeluang membuka lapangan kerja baru, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Atasi Gizi Buruk

Selain itu, dengan mengonsumsi telur asin Itiak Bayang, disinyalir bisa memberantas gizi buruk dan masalah stunting yang mampu meningkatkan kesehatan masyarakat. Harapannya semoga program ini bisa diwujudkan melalui pemberdayaan dan pembinaan dari hulu hingga hilirnya.

Sementara Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Ir. Erizon, MT sangat mendukung penuh penetapan sapi pasisia dan itiak Bayang sebagai produk ikon unggulan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kami sangat mendukung sekali penetapan telur Itiak Bayang sebagai ikon produk unggulan dari Kabupaten Pesisir Selatan. Harapan kita semua, kita harus berpikir dan berupaya bagaimana caranya agar telur asin itiak Bayang bisa tembus ke pasaran dalam skala besar dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Pesisir Selatan,” tegas Erizon.

Ditambahkannya, perlu dilakukan pendekatan serta pembinaan kepada kelompok budidaya Itiak Bayang untuk mewujudkan rencana ini. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama