Kenali Keampuhan Tanaman Herbal dalam Mencegah Penularan Virus Corona


MJ News - Menjaga kesehatan tubuh merupakan cara yang penting untuk mencegah persebaran virus corona. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sejumlah tanaman obat herbal seperti jahe, serai, kunyit, temulawak yang dapat mencegah penularan virus Corona.

Praktisi Herbal dan Peneliti di B2P2TOOT Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Danang Ardiyanto mengungkapkan bahwa tanaman-tanaman herbal berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga memudahkan siapa saja terhindar dari paparan virus apa saja, termasuk corona.

"Namun, saya harus garisbawahi dan tekankan, tanaman obat bukan untuk mengobati Virus Corona, tapi memang untuk pencegahan. Bukan cuma untuk (pengobatan) Virus Corona dalam hal ini," kata Danang.

Tanaman Obat Herbal untuk Mengobati Virus Corona

Danang mengatakan bahwa dia pun ikut dikirimi utas kabar tersebut. Hanya saja yang dia terima, tanaman obat herbal itu untuk menyembuhkan Virus Corona.

"Secara general, secara umum, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bukan untuk mengobati," katanya.

Secara umum, ketika mengonsumsi jamu atau tanaman obat herbal secara rutin, daya tahan tubuh pun menjadi kuat. Tidak mudah bagi virus apa pun untuk masuk ke dalam tubuh.

"Bukan cuma Virus Corona dalam hal ini. Kayak flu biasa dan kelelahan, kunci utamanya," kata Danang seperti ditulis merdeka.com.

PHBS Lebih Ampuh Cegah Virus Corona

Lebih lanjut, Danang mengingatkan bahwa mengonsumsi suplemen atau jamu dari tanaman herbal hanya menjadi salah satu poin saja.

Akan tetapi, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan hal paling utama yang mesti dilakukan agar terhindar dari Virus Corona.

"Mencuci tangan, jangan pegang muka, dan PHBS lainnya yang paling penting," katanya.

"Kalau minum jamu, bisa saja digunakan untuk upaya pencegahan, tapi tidak secara untuk pengobatan Corona," ujarnya.

Danang menyebut bahwa hingga saat ini racikan herbal itu belum dilakukan uji klinis ke manusia. Walau begitu, telah terdapat penelitian yang mengungkapkannya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama