Seluruh Pengunjung RSUP M. Djamil Padang Akan Diperiksa

loading...

Petugas RSUP M Djamil Padang melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermometer infrared bagi pengunjung IGD yang dimulai Rabu (11/3/2020). (ist)

Padang, MJ News - Mulai hari ini Kamis (12/3) RSUP M. Djamil Padang mulai memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk seluruh pengunjung. Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Untuk tahap awal tersedia lima alat alat thermo scanner berupa thermometer infrared. Alat itu disediakan di sejumlah titik. Seperti di pintu masuk IGD, poliklinik, kawasan Ambun Pagi dan beberapa titik lain.

“Pemasangan alat ini langkah antisipasi kami untuk mencegah adanya kasus virus corona. Setiap pengunjung mulai besok (hari ini-reda) akan diperiksa suhu tubuhnya,” kata Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Yusirwan Yusuf, Rabu (11/3/2020).

Disebutkannya, jika ditemukan pengunjung yang dicurigai terinfeksi corona dengan ciri-ciri suhu tubuh tinggi di atas 37,5 celcius dan mengalami flu, maka petugas langsung merujuknya ke tim dokter khusus penanganan corona.

“Jika ada yang dicurigai, langsung kita rujuk ke tim dokter khusus. Ini langkah antisipasi,” jelas Yusirwan.

Menurunnya, setiap harinya ada sekitar 4.000 orang yang hilir mudik di RSUP M Djamil Padang.“Lebih dari 2.000 per hari adalah pengunjung. Sisanya adalah pasien, keluarga dan tenaga medis. Ini kita awasi sebagai antisipasi penyebaran virus corona,” jelas Yusirwan.

Ia menjelaskan, RSUP M Djamil Padang merupakan salah satu rumah sakit rujukan khusus corona di Indonesia. RSUP M Djamil dilengkapi dengan ruangan isolasi dan tim dokter khusus corona.

“RSUP M Djamil sudah ditinjau oleh Kemenkes beberapa waktu lalu dan kita sudah standar internasional untuk penanganan corona,” kata Yusirwan.

Selama kasus virus corona merebak, M. Djamil Padang telah merawat lima pasien suspect corona. Berdasarkan hasil labor Litbang Kemenkes RI, semua pasien tersebut negatif dari virus mematikan tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday mengimbau masyarakat untuk terus menjalankan pola hidup sehat. Seperti dengan memperbanyak makan sayur dan buah serta menghindari makanan tidak sehat. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama