Kemendikbud Buka Lowongan Guru, Ada untuk Ditempatkan di Malaysia





Liputankini.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka lowongan guru dan tenaga kependidikan untuk Sekolah Indonesia di luar negeri dan Pusat Kegiatan Belajar (CLC). Sekolah-sekolah ini berada di delapan negara berbeda. Salah satunya di Malaysia.


Seperti yang dilihat dari laman Kemendikbud, 117 formasi guru dan tenaga kependidikan akan ditempatkan di Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Mesir, Jepang, Thailand, Myanmar, dan Belanda. Guru yang dapat melamar pun tidak dibatasi yang berstatus PNS saja. Hanya saja guru non PNS diwajibkan memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun.


Sementara khusus bagi PNS minimal telah memiliki pangkat Penata Muda Tingkat I dan golongan/ruang III/B. Pendaftaran dilakukan melalui laman https://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln dari tanggal 3-16 Maret 2021.


Persyaratan lowongan guru di luar negeri

Berikut ini persyaratan umum untuk mengikuti program ini:


Warga Negara Indonesia (WNI).

Usia maksimal saat mendaftar 40 tahun.

Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta serta tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah.

Bagi pelamar calon Guru/Tendik berstatus PNS wajib melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) terkait izin mengikuti seleksi dan kesediaan menerima kembali di instansi asal.

Sementara persyaratan khusus bagi guru:


Berstatus sebagai Guru PNS maupun Guru bukan PNS.

Bagi guru PNS minimal pangkat Penata Muda Tk.I, golongan ruang III/b.

Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75.

1. Bagi pelamar Guru Seni Budaya penempatan Johor Bahru memiliki latar belakang Pendidikan Seni Musik.

2. Bagi pelamar Guru Produktif Kuliner penempatan Kota Kinabalu memiliki latar belakang pendidikan S1 Tata Boga.

3. Bagi pelamar Guru Produktif Perhotelan dan Jasa Pariwisata penempatan Kota Kinabalu memiliki latar belakang pendidikan S1 Perhotelan.

4. Bagi pelamar Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara penempatan Kota Kinabalu memiliki latar belakang pendidikan S1 Teknik Mesin.

Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar, kecuali bagi pelamar Guru Produktif Kuliner, Guru Produktif Perhotelan dan Jasa Pariwisata, serta Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara dapat digantikan dengan sertifikat keahlian.

Diutamakan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi.

Memiliki pengalaman mengajar sesuai bidang yang diampu minimal 5 (lima) tahun, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Ketua Yayasan.

Diutamakan menguasai bahasa lokal sesuai negara penempatannya.

Bagi pelamar Guru Seni Budaya penempatan Kairo diutamakan memiliki kemampuan memainkan alat musik Tradisional.

Diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan, dan lain-lain.

Adapun syarat khusus bagi tenaga kependidikan penempatan CLC adalah sebagai berikut:


Berstatus bukan PNS

Berijazah minimal S-1 Ekonomi/ Akuntansi yang bersertifikat Akuntansi, dengan minimal IPK 2.75.

Memiliki pengalaman dalam pengelolaan Dapodik, kurikulum dan manajemen dan diutamakan memiliki pengalaman pengelolaan CLC

Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi.


Mekanisme dan Tata Cara Pendaftaran

Peserta seleksi wajib memiliki email aktif.

Pendaftaran dilakukan secara online lewat http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln

Klik "Login", lalu "Klik di sini untuk pendaftaran baru". Isi semua data diri yang diminta, kemudian Klik "Proses".

Cek email Anda. Pendaftaran lanjutan dilakukan dengan cara login menggunakan username dan password yang dikirim oleh Sekretariat Panitia Seleksi Bersama melalui surat elektronik peserta seleksi. Pilih jabatan yang dilamar dan isi data diri yang disyaratkan.

Formasi yang Dibutuhkan

Guru Agama Katolik

Guru Agama Kristen

Guru Bahasa Arab

Guru Bahasa Indonesia

Guru Bahasa Inggris

Guru Bahasa Mandarin

Guru Biologi

Guru BK

Guru Fisika

Guru Geografi

Guru IPA

Guru IPS

Guru Kelas

Guru Kimia

Guru Matematika

Guru PAUD

Guru Pendidikan Agama Islam

Guru PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan)

Guru PLB (Pendidikan Luar Biasa)

Guru PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Guru Prakarya dan Wirausahawan

Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Guru Produktif Kuliner

Guru Produktif Perhotelan dan Jasa Pariwisata

Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara

Guru Sejarah

Guru Seni Budaya

Guru Sosiologi

Guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Guru TK

Tenaga Kependidikan

Hasil seleksi administrasi menurut jadwal akan diumumkan pada 25 Maret 2021. Dilanjutkan dengan seleksi pada 6-9 April 2021 dan pengumuman hasil seleksi direncanakan pada  Mei 2021.


Informasi lengkap perekrutan guru untuk ditempatkan di luar negeri ini bisa diakses melalui link https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/seleksi-bersama-penerimaan-guru-dan-tenaga-kependidikan-sekolah-indonesia-di-luar-negeri-tahun-2021. (detikcom)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama