Persiapan MTQ Nasional, Unand Seleksi 210 Mahasiswa


Rektor Yuliandri membuka MTQ tingkat mahasiswa Unand, Senin (1/3/2021). 




Liputakini.com-Universitas Andalas bukan saja mencetak generasi yang berilmu dan menguasai teknologi, tapi juga membekali generasi muda dengan agama. Mahasiswa diajak dekat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. 


Guna mendapatkan qori dan qoriah terbaik dalam menghadapi MTQ tingkat nasional, Universitas Andalas menggelar MTQ tingkat mahasiswa melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pengembangan Ilmu dan Kandungan Alquran (PIKA).


Rektor Yuliandri membuka MTQ itu, Senin (1/3/2021) di gedung pusat kreativitas mahasiswa lantai dua Kampus Unand Limau Manis Padang. Rektor didampingi Wakil Rektor III, Insannul Kamil.


“MTQ tingkat mahasiwa ini menjadi kegiatan rutin di Universitas Andalas, meskipun perlombaan tingkat nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan digelar sekali dua tahun,” ujar Rektor.


Dikatakan rektor, MTQ sebagai upaya menjaring dan menemukan bibit unggul dalam pemahaman Alquran dari awal sehingga dapat mengoptimalkan persiapan menuju MTQ mahasiswa di tingkat nasional.


Selain melalui MTQ, Universitas Andalas dalam penerimaan mahasiswa baru juga menerima dari jalur tahfidz atau yang mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam membaca Alquran.


“Ini sebagai upaya untuk mensyiarkan Islam terutama bagi generasi muda, khususnya mahasiswa,” ungkap Rektor Yuliandri.


Para pemuncak MTQ nantinya dibimbing dan dilatih Universitas Andalas yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan juga Arrisalah serta institusi lainnya.


Ketua pelaksana, Dedy Almasdy menyampaikan, ada sembilan perlombaan yang akan digelar dalam kegiatan ini, MTQ, Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Hifzil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syarhil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Alquran (Bahasa Inggris/Bahasa Arab) dan Musabaqah Desain Aplikasi Alquran.


Di samping itu, juga ada webinar nasional Alquran dengan narasumber Syamsuri Firdaus (qori terbaik MTQ internasional di Turki) pada 7 Maret mendatang.


“Kegiatan diikuti 210 peserta (perseorangan maupun tim) yang tersebar pada berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas dan berlangsung selama seminggu,” ujar Wakil Dekan III Fakultas Farmasi tersebut.(*)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama