Terjaring Lagi, Apa Susahnya Bermasker, Bro?

 Petugas tegur warga yang tak patuh protokol kesehatan. (kominfo)


PADANG PANJANG-Sebagai upaya penerapan protokol kesehatan aman Covid-19 dan sosialisasi Perda Nomor 6/SB/2020, sebanyak 172 pengguna jalan  kembali terjaring razia Operasi Yustisi di wilayah hukum Polres Padang Panjang, Selasa (27/7/2021). Hari sebelumnya, juga ratusan warga yang terjaring. Lagi-lagi soal masker yang jadi persoalan. Kenapa terlalu berat untuk memakai masker itu.


Dikutip dari Kominfo Padang Panjang, Ipda Kusnadi mengatakan, 172 penguna jalan tersebut terdiri dari 154 pejalan kaki, 12 pengendara roda dua, dan enam pengendara roda empat, terjaring di sekitaran Pasar Pusat Padang Panjang.

"Pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan ini masih sama dengan yang lain, tidak menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah," sebutnya.

Untuk operasi yustisi ini, sebutnya, akan terus dilakukan setiap hari oleh tim gabungan TNI/Polri, Satpol PP Damkar, BPBD Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan juga Dinas Perhubungan dan tetap menargetkan para pengguna jalan di sekitar Pasar Pusat.

Hingga kelak ditemukan vaksin dan obat yang ampuh mengobati Covid-19, masker wajah adalah salah satu pelindung selama pandemi virus corona berlangsung. Sayangnya, tidak semua orang sepenuhnya sadar pentingnya penggunaan masker.

Kontroversi penggunaan masker semakin gencar saat beberapa negara mulai melonggarkan aturan lockdown dan physical distancing. Meski pada akhirnya pembatasan kembali diperketat akibat lonjakan kasus baru. 

Bagi mereka yang mendukung penggunaan masker, ini hanya keputusan yang mudah. Masker hanyalah selembar kain, tidak sulit untuk menggunakannya. Dengan menggunakan masker, itu membantu menghentikan persebaran virus kepada orang lain.

Apalagi cukup banyak ditemukan pasien Covid-19 yang sama sekali tidak menunjukkan gejala. Sementara bagi mereka yang enggan menggunakan masker berdalih penggunaan masker melanggar kebebasan pribadi mereka dan memutuskan untuk tidak menggunakan masker adalah hak pribadi mereka yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapa pun. 

Apa susahnya menggunakan masker, bro? (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama