451 Pelajar dan Mahasiswa Tanah Datar Terima Bantuan Pendidikan

 Bupati serahkan bantuan pendidikan bagi mahasiswa dan pelajar. (humas)


BATUSANGKAR-Mengingat sektor pendidikan salah satu sektor prioritas pembangunan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar setiap tahun terus menganggarkan bantuan pendidikan bagi anak dari  kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya. 

“Alhamdulillah, tahun ini, 541 mahasiswa dan pelajar dibantu biaya pendidikannya dengan total biaya Rp1,2 miliar lebih,” kata Bupati Eka Putra Rabu (18/8/2021) di Indojolito Batusangkar saat menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada perwakilan mahasiwa, pelajar serta pengurus masjid dan pengurus organisasi yang turut dihadiri Kakan Kemenag Batusangkar, kepala OPD, Ketua Baznas dan undangan lainnya. 

Disebutkan Eka Putra, tahun ini pemerintah kabupaten juga memberikan dana hibah kepada masjid, lembaga atau organisasi masyarakat.  

“Ada 46 bantuan dana hibah yang juga diserahkan secara simbolis kepada pengurus masjid, lembaga dan organisasi dengan total anggaran sebesar Rp2 Milyar lebih. Khusus hibah untuk masjid adalah bantuan yang diberikan ketika kunjungan tim safari ramadhan, sedangkan kunjungan tim ramadhan khusus Bupati dan Wabup akan direalisasikan pada anggaran perubahan,” tambah Eka yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas. 

Secara khusus bupati berpesan kepada mahasiswa dan pelajar penerima bantuan untuk terus semangat menuntut ilmu setinggi mungkin. “Tuntut ilmu setinggi-tingginya, kalian adalah harapan masyarakat Tanah Datar di masa depan, persiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi Indonesia Emas pada 100 tahun Indonesia Merdeka tahun 2045 dan jangan lupa jaga akhlaq,” pesan bupati. 

Kabag Kesra Afrizon menyampaikan, tahun sebelumnya kegiatan ini berada dalam wewenang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.  

“Sesuai regulasi dan aturan berlaku, kegiatan ini dipindahkan ke Bagian Kesra dan proposal yang masuk dari 2019 dan 2020 bisa kita realisasikan pada 2021. Dimana total bantuan sosial ini totalnya Rp3.269.503.000,“ ujarnya. 

Afrizon menambahkan, bantuan sosial untuk biaya pendidikan tersebar di seluruh kecamatan di Tanah Datar.  “Sebaran penerima bansos pendidikan adalah di Kecamatan X Koto ada 170 orang, Batipuh 30 orang, Batipuh Selatan 12 orang, Pariangan 52 orang, Rambatan 45 orang, Lima Kaum 50 orang, Tanjung Emas 132 orang, Padang Ganting 42 orang, Lintau Buo 16 orang, Lintau Buo Utara 32 orang, Sungayang 14 orang, Sungai Tarab 34 orang, Salimpaung 54 orang dan Tanjung Baru 11 orang sehingga total ada 541 orang,” kata Afrizon. 

Untuk penerima bantuan pendidikan secara simbolis diterima Nindya Nuriesta Prilly mahasiswa semester 7 Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sementara hibah  untuk masjid diterima Pengurus Masjid Raya Rambatan. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama