Dibantu Baznas Tanah Datar, Enam Rumah Rusak Akibat Cuaca Ekstrim

 Penyerahan bantuan pada warga yang rumahnya rusak akibat cuaca. (humas)


BATUSANGKAR-Bupati Eka Putra serahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar secara simbolis, total senilai Rp45 juta untuk enam rumah yang terdampak bencana cuaca ekstrim beberapa waktu silam. Penyerahan bantuan di Gedung Indo Jolito, Batusangkar, Kamis (26/8/2021).

Keenam rumah penerima bantuan itu adalah hasil dari verifikasi Baznas Tanah Datar, yang pada awalnya terdata 15 rumah. Eka Putra mengatakan bantuan itu agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, “Kita mengharapkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah, mudah-mudahkan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Eka Putra.

Eka Putra juga berpesan kepada penerima bantuan agar senantiasa bertawakal dengan apa yang telah telah terjadi. 

“Doakan juga para muzaki agar selalu sehat dan dilapangkan rezekinya, sehingga zakat terus meningkat, dan kami berharap tidak hanya PNS yang menyalurkan ke Baznas Tanah Datar tetapi juga hendaknya unsur masyarakat lainnya,” ujar Eka Putra yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah merincikan keenam penerima bantuan itu, masing-masing satu rumah di Nagari Rao-Rao, dua rumah di Nagari Koto Laweh, satu rumah di nagari Pandai Sikek dan dua rumah di nagari Tanjung Bonai.

“Pada awalnya memang sebanyak terdata 15 rumah, setelah dilakukan verifikasi ke lapangan banyak dari rumah tersebut di luar kriteria penerima bantuan, seperti tidak berpenghuni dan sebagainya, akhirnya 6 rumah inilah yang kita bantu dengan nilai masing-masing Rp7,5 juta,”ujar Yasmansyah.

Yasmansyah juga menginformasikan dalam waktu dekat, Baznas Tanah Datar punya program rehab rumah tidak layak huni (RTLH)  sebanyak 42 rumah tersebar seluruh kecamatan di Luhak Nan Tuo ini. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama