Kapolda Sumbar Pindah ke Sumsel

Toni Harmanto

PADANG-Kapolda Sumbar, Irjen Toni Harmanto pindah jadi Kapolda Sumatera Selatan.  Rotasi jabatan di lingkungan Polri kembali bergulir. Hal ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/1701/VIII/KEP./2021 tanggal 25 Agustus 2021 yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Wahyu Widada.

Toni Harmanto dimutasi menjadi Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Eko Indra Heri. "Jabatan Kapolda Sumbar yang baru akan diisi Irjen Teddy Minahasa Putra, yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlijemen Kapolri.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu Setianto menyebutkan, proses upacara serah terima jabatan Kapolda Sumbar akan berlangsung di Mabes Polri.

Bukan karena hibah Rp2 triliun

Sebelumnya, Irjen Eko Indra Heri yang terbelit peristiwa sumbangan hibah fiktif keluarga almarhum Akidi Tio senilai Rp 2 triliun. Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan, mutasi Kapolda Sumsel sebagai bentuk penyegaran di tubuh Polri. Argo tidak menyinggung jika mutasi tersebut terkait sumbangan yang ternyata hanya bentuk prank tersebut.

"Sudah lama menjadi Kapolda dan untuk penyegaran organisasi," kata Argo yang dikutip ari republika.co.id.

Argo menekankan, mutasi Eko Indra Heri tidak terkait dengan hasil pemeriksaan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) dan Profesi Pengamanan (Propam) Polri terkait polemik hibah Rp2 triliun. Argo menyebut, mutasi tersebut hanya pergantian jabatan biasa. "Pindahnya juga dalam level yang sama," ucap Argo. 

Irjen Eko pun akan menduduki jabatan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri, yang sebelumnya diemban Irjen Teguh Sarwono. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama