Presiden Siapkan Transfer Daerah dan Dana Desa Rp770,4 Triliun


Presiden Joko Wdodo

JAKARTA
-Pemerintah pusat menyiapkan anggaran transfer ke daerah dan dana desa untuk 2022 mencapai Rp770,4 triliun. Salah satu tujuannya masih untuk peningkatan kualitas infrastruktur publik di daerah.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN 2022 dan Nota Keuangan, Senin (16/8/2021). "Pada 2022, anggaran transfer ke daerah dan dana desa direncanakan Rp770,4 triliun," ucapnya.

Jokowi menjelaskan anggaran transfer ke daerah dan dana desa itu difokuskan untuk meningkatkan kualitas belanja daerah agar terjadi percepatan dalam peningkatan dan pemerataan kesejahteraan.

Kemudian melanjutkan kebijakan penggunaan DTU (dana transfer umum) untuk peningkatan kualitas infrastruktur publik daerah, pemulihan ekonomi di daerah, pembangunan SDM pendidikan dan penambahan belanja kesehatan prioritas.

"Meningkatkan efektivitas penggunaan DTK melalui penyaluran DAK Fisik berbasis kontrak dan DAK Non Fisik untuk mendorong peningkatan capaian output dan outcome, serta mendukung perbaikan kualitas layanan, melanjutkan penguatan sinergi perencanaan penganggaran melalui peningkatan harmonisasi belanja kementerian/lembaga dan TKDD," tuturnya yang dikutip dari detikcom.

Jokowi juga berharap penggunaan Dana Desa bisa untuk memulihkan ekonomi di desa, melalui program perlindungan sosial dan kegiatan penanganan Covid-19, serta mendukung sektor prioritas. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama