Wagub Sumbar Buka Pemusatan Latihan Paskibraka

 Wagub dialog dengan calon anggota paskibraka Sumbar.



PADANG-Sebanyak 30 anggota pasukan khusus pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat Sumatera Barat mengikuti pemusatan latihan di UPTD Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat, 1-19 Agustus 2021. Kegiatan itu dibuka wakil gubernur, Selasa (3/8/2021).


Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan, paskibraka merupakan orang-orang terpilih yang telah melalui jenjang seleksi.

"Selamat kepada adinda semua yang telah terpilih menjadi anggota Paskibraka, ini merupakan prestasi dan kehormatan tersendiri, karena kalian siswa-siswi terpilih, mempunyai talenta, kepribadian, kemampuaan dan kecerdasan di atas standar pelajar lainnya," kata Audy.

Audy menyampaikan atas nama pemerintah provinsi menyampaikan selamat datang kepada calon anggota paskibraka provinsi yang berasal dari kabupaten/kota untuk mengikuti pelatihan.  

"Kami bangga kepada adik-adik yang telah terpilih dari siswa SLTA se-Sumatera Barat, mampu menjadi terdepan untuk mempersiapkan diri mengikuti proses," ucapnya.

Pendidikan dan latihan dalam rangka persiapan peringatan detik-detik Kemerdekaan HUT RI ke-76.  "Saya imbau agar adik-adik mengikuti latihan atau pembekalan dengan  sungguh-sungguh, karena kegiatan ini akan memberi pengaruh besar untuk perubahan sikap, perilaku dan integritas menjadi tim yang solid, sehingga nantinya mampu bersama-sama melaksanakan tugas mengibarkan dan menurunkan dengan baik pada 17 Agustus nanti," ungkapnya.  

Tanpa disadari, sudah tokoh- tokoh di negeri ini yang tumbuh menjadi pemimpin yang berasal dari paskibraka. Audy minta bersunguh-sungguhlah mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang karakter, mandiri, disiplin dan tegas mengambil keputusan dan bertanggung jawab.

Disampaikan juga, banyak manfaat yang dapat diperoleh anggota paskibraka, di antaranya menjadi lebih disiplin, tepat waktu, fokus pada apa yang dikerjakan, lebih percaya diri, kompak, memupuk jiwa korsa, dan cinta tanah air.

 Wagub meminta kepada pembina, pelatih dan panitia dapat bersinergi melaksanakan tugas sehingga proses pembekalan berjalan lancar dan sukses serta selalu patuh dengan prokes kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19.  

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Bustavidia menyampaikan, peserta berasal dari 19 kabupaten/kota, kecuali dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ia menjelaskan dalam seleksi tingkat nasional, Sumbar dengan jumlah kuota sesuai jumlah siswa yang ada di masing-masing kabupaten/kota, setiap kab/kota diambil dua (satu putera dan satu puteri).

"Kita sudah mengirim ke tingkat nasional dan sudah berangkat  25 Juli 2021. Putera bernama M. Bimantara Widyanto dari Payakumbuh dan puteri bernama Flora Flecia Tanjung dari Pesisir Selatan," jelasnya.

Sementara untuk tingkat Sumatera Barat diambil 30 orang, 16 putera dan 14 puteri, hanya daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang tidak mengirim calon paskibraka. (BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama