Aie Batumbuk akan Dijadikan Kawasan Wisata Internasional

 Gubernur dan bupati foto bersama di Aie Batumbuk


SOLOK–Gubernur Mahyeldi dan Bupati Solok, Epiyardi Asda mengunjungi Nagari Aie Batumbuek, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok secara bersamaan, Sabtu (25/9/2021). Ini merupan kunjungan bersama perdana  ke nagari yang memiliki destinasi wisata internasional, pendakian Gunung Talang. 

Gubernur menyerahkan bantuan tong sampah untuk menunjang destinasi wisata Gunung Talang. Selain itu, juga hadir Kadis Pariwisata Provinsi Novrial, Kadis Pariwisata Kabupaten Solok Nasripul Romika, Plt Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Wali Nagari Aie Batumbuek Yuneldi, Pokdarwis dan masyarakat. 

Wali Nagari  Aie Batumbuek Yuneldi mengatakan, ini merupakan kunjungan pertama gubernur dan bupati di Nagari Aie Batumbuek.  “Pemprov bertekad berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Solok menjadikan kawasan Gunung Talang  menjadi tempat wisata yang tidak ada duanya,” ujar Gubernur Mahyeldi Ansharullah di Pos Pendakian Gunung Talang.  

“Diharapkan masyarakat sadar wisata dan tidak ada premanisme yang membuat wisatawan takut berkunjung ke Gunung Talang,” ingat Mahyeldi Ansharullah. 

Pemprov melalui Dinas Pariwisata, jelas Mahyeldi Ansharullah,  mendorong pengembangan wisata termasuk kawasan wisata Gunung Talang dengan melengkapi sarana dan prasarananya seperti toilet dan tempat sampah. 

“Pemprov bersama pemkab akan menjadikan kawasan Gunung Talang menjadi objek wisata nasional bahkan internasional,” tambah Mahyeldi Ansharullah. 

“Masyarakat Aie Batumbuek mendukung dan siap menyukseskan visi misi bupati," ujar Yuneldi.  

Aie Batumbuek, jelas Yuneldi, memiliki sumber daya alam yang sangat bagus karena jalur pendakian Gunung Talang via Aie Batumbuek dikelilingi kebun teh yang begitu indah.

“Pemkab sudah membantu pembangunan lahan parkir bagi para pendaki, semoga gubernur dan bupati bisa membangun posko yang lebih representatif di pendakian Gunung Talang via Aie Batumbuk,” harap Yuneldi. 

Epyardi Asda menyampaikan rasa bangganya dan bersyukur mendapat kunjungan dari gubernur. Nagari Aie Batumbuek memiliki kawasan Gunung Talang, yang memiliki potensi wisata yang perlu untuk dikembangkan. 

“Saya  mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah memberikan perhatian lebih kepada Kabupaten Solok,” ujar Epyardi Asda. 

Bupati berjanji menganggarkan dana untuk Nagari Aie Batumbuek agar bisa berkembang menjadi wisata nasional bahkan internasional.  “Tempat wisata di Nagari Aie Batumbuek ini jangan sampai ada aksi premanisme dan masayrakat harus ramah terhadap tamu,” ujar Epyardi Asda.

Ke depan, jelas Epyardi Asda, kawasan wisata ini akan dilengkapi dengan fasilitas tempat wisata mulai dari jalan,gerbang masuk, toilet dan tempat sampah. (WTL)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama