Pemko Solok Terus Bantu Industri Kecil dan Menengah

 Wakil wali kota beri pemaparan tentang IKM di Kota Solok


KOTA SOLOK-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sumbar Harnelli Mahyeldi, mengunjungi Kota Solok dalam rangka pembinaan dan identifikasi industri kecil menengah (IKM) di gazebo rumah dinas wali kota, Kamis (9/9/2021).

Wakil Wali Kota Dr.Ramadhani Kirana Putra mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan ekonomi tak berjalan dan membuat pelaku usaha yang ada mengeluh sehingga banyak usaha yang pada akhirnya gulung tikar. 

Melihat kondisi seperti ini pemerintah tidak bisa tinggal diam dan akan terus berupaya sekuat tenaga agar perekonomian terus berjalan. Kalaupun kegiatan ekonomi terdampak pandemi covid-19, dalam waktu yang tidak terlalu lama diharapkan dapat pulih kembali.

Termasuk IKM yang berjumlah banyak, ditambah dengan tenaga kerja yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung. Melihat kondisi seperti itu, pemerintah kota berupaya semaksimal mungkin untuk membantu pelaku usaha untuk mampu terus bertahan dengan kondisi yang ada.

Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM bisa menjalankan usahanya dengan baik. Sebab, pelaku IKM merupakan mayoritas dari populasi industri di Kota Solok. Selain itu diharapkan melalui program-program yang telah dibuat oleh masing-masing OPD dan juga adanya peranan dekranasda dalam hal ini, mudah-mudahan dapat membantu pelaku usaha.

Salah satu bentuk peran pemerintah untuk membantu IKM yang ada di Kota Solok, melalui surat edaran yang diberikan kepada seluruh OPD dan seluruh Instansi yang ada di Kota Solok untuk memakai produk UMKM. 

"Alhamdulillah saat ini untuk IKM batik, bordir dan tenun produknya sudah dipakai oleh ASN sebagai pakaian dinas harian juga di pakai saat ada event kota, seperti saat pelaksanaan MTQ tingkat  Sumatera Barat," ujar wakil wali kota.

Harnelli Mahyeldi mengajak pelaku IKM untuk tetap terima masukan yang akan menambah kekuatan kita dalam membangkitkan IKM. "Semoga IKM kita terus tumbuh dan berkembang, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19," ujarnya.

Dalam waktu dekat, Dekranasda Sumbar akan menggelar pameran di Pekanbaru. "Kita akan memilih kualitas terbaik untuk dibawa ke pameran tersebut. Semoga hasil karya IKM Kota Solok akan banyak bisa dibawa ke pameran tersebut," ujar Harnelli Mahyeldi.

Ketua Dekranasda Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian Umar, mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada ketua dekranasda Sumbar di Kota Solok 

"Dalam masa pandemi, Dekranasda selalu berusaha semaksimal mungkin untuk senantiasa mendorong dan memberikan semangat dalam memajukan IKM," tutup Zulmiyetti. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama