Bangun Dermaga di Ombilin, Tanah Datar Minta Bantuan Kemenhub


 Pertemuan dengan Kemenhub bahas pembangunan dermaga. (humas) 


BATUSANGKAR-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar ingin membangun dermaga di Singkarak. Pemerintah kabupaten mengharapkan Kementerian Perhubungan. Proposal sudah diajukan, diharapkan masuk dari program kementerian tersebut.


Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana dan Sekretaris Dinas Perhubungan Yessy Akmaliza disambut Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kementerian Perhubungan, Junaidi, Selasa (26/10/2021) di Jakarta.

Eka Putra menyampaikan, kedatangannya merupakan salah satu upaya jemput bola untuk memperoleh dana dan anggaran pembangunan di Tanah Datar, khususnya untuk dermaga. “Saat ini dermaga di Danau Singkarak yang terletak di Ombilin sudah rusak dan tidak layak digunakan, kita berharap bantuan pemerintah pusat, agar dermaga bisa dimanfaatkan lagi,” ujar Eka yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas. 

Disebutkan Eka, dengan dibangun dan mengaktifkan kembali dermaga itu, akan bisa dimanfaatkan masyarakat dalam aktivitas keseharian dan juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Dermaga yang dibangun pada 2012 oleh Kementerian Perhubungan bisa dibangun kembali baik melanjutkan dermaga lama ataupun membangun baru,” harap Eka.

Direktur TSDP Junaidi mengungkapkan, pembangunan dermaga di danau Singkarak untuk Tanah Datar belum masuk ke dalam rencana induk pembelanjaan negara (RIPN). 

“Untuk bisa masuk RIPN, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi terbagi dalam dua kelompok tahapan, tahap pra desain dan tahap desain. Seperti studi kelayakan, ketersediaan lahan, sampai ijin lingkungan amdal,” terangnya. 

Sekretaris Dinas Perhubungan Yessy Akmaliza, Jumat (29/10/2021) menyampaikan, sesuai hasil pertemuan Bupati Tanah Datar bersama Direktur TSDP akan segera ditindaklanjuti. 

“Dishub selaku leading sektor akan segera lakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan OPD terkait dalam rangka percepatan tindaklanjut pembangunan dermaga, baik dibangun baru ataupun direhab,” ujarnya. 

Namun, tambah Yessy, karena danau Singkarak masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), bisa saja pembangunan dermaga lebih mengarah untuk pengembangan wisata dimana salah satu titiknya di Tanjung Mutiara Nagari Batutaba. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama