Dinas Pariwisata Bina Pelaku Ekraf di Kota Solok

Pertemuan dengan pelaku usaha

KOTA SOLOK - Dinas Pariwisata menggelar pertemuan bersama pelaku usaha ekonomi kreatif (Ekraf). Salah satu sasaran dalam serangkaian program empathy yang akan dilaksanakan di Kota Solok pada 2022. Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama antara pemko dengan lembaga Sociopreneur Indonesia pada Oktober lalu di kantor Dinas Pariwisata, Selasa (2/11/2021) lalu.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvy Basri bersama perwakilan Sociopreneur Indonesia dalam rangka identifikasi dan menggali potensi ekonomi kreatif dan pariwisata lokal yang nantinya akan dilakukan pendampingan penuh dengan melibatkan LKAAM, bundo kanduang, pegiat kampung wisata, dewan kesenian, GenPI, para duta wisata serta perwakilan pelajar dan mahasiswa.

Kepala Dinas Pariwisata juga menyampaikan, sejauh ini pemko telah melakukan pembinaan terhadap tujuh kelompok sadar wisata, membina dua kampung wisata, mendorong pembentukan dewan kesenian dan forum ekonomi kreatif.

Elvi Basri menekankan bagi pelaku usaha Ekraf dan pegiat wisata agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, diawali dengan niat dan keinginan untuk berkembang sehingga kesempatan pendampingan ini tidak terbuang sia-sia.

Founder dan Executive Director Sociopreneur.id, Dessi Aliandra  menjelaskan masa proses pembinaan, pendampingan dan pengembangan terhadap UMKM lokal direncanakan berlangsung selama 24 bulan dengan target 40 pelaku usaha Ekraf. Selain itu juga akan dilakukan pendampingan untuk sektor pariwisata lokal yang masih belum tergali potensi serta keunikannya.

Dessy menegaskan, pihaknya akan fokus pada pengembangan pariwisata berbasis kultural yang seiring dengan nilai agama dan adat istiadat sehingga tidak kehilangan potensi lokal.

“Yang perlu ditonjolkan dan dijaga itu ialah budaya kita, nilai agamis dan juga nilai adat istiadatnya, apa yang membuat Kota Solok ini berbeda dengan yang lainnya. Untuk apa meniru budaya luar? Kenapa tidak bangga dengan apa yang kita punya? Karena itulah yang akan menjadi daya tarik dan pengalaman yang akan kita berikan kepada pengunjung nantinya, sehingga menarik wisatawan datang ke Kota Solok,” jelasnya.

Oleh sebab itu, perlu digali keunikan dan apa yang perlu ditonjolkan sehingga pariwisata ini tidak bersifat temporary atau sesaat.(SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama