Gubernur Jawa Tengah Terkesan dengan Sukaryo Adi Putro


 Gubernur Jawa Tengah pantau warga yang diurus Sukaryo Adi Putro 


DEMAK - Pria paruh baya itu dikenal bernama Muhammad Dardiri. Warga biasanya memanggilnya Mamat. Sejak lama, Mamat yang merupakan warga Desa Tlogoweru Demak ini mengidap gangguan jiwa. Seringkali, ia duduk di atas jembatan saluran air di desanya.

Tak ada orang yang berani mendekati, termasuk keluarganya. Sebab Mamat dikenal galak dan sering membawa sejumlah senjata tajam. Penampilan Mamat sangat tidak terurus, rambutnya gondrong, kumis dan janggut panjang tak terurus serta seluruh badannya dipenuhi rantai.

Di leher Mamat tergantung rantai yang sangat banyak. Di tangan, kaki, kuku serta telinganya penuh dengan asesoris dari rantai, uang koin dan besi.

Namun hari ini ada yang berbeda. Mamat kini jadi orang yang bersih. Rambut gondrong gimbalnya dipotong rapi, kuku panjangnya dipotong dan kalung rantai di leher serta asesoris besi di badannya berhasil dicopot. Mamat kini lebih bersih dan tampan.

Adalah Sukaryo Adi Putro, orang yang peduli pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan pemilik akun youtube Sinahu Hurip yang berhasil membujuk Mamat. Tapi kali ini Adi tak sendirian. Ia ditemani Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 

Ganjar telah lama mengamati sepak terjang Adi dari channel Youtube Sinau Hurip. Ganjar terkesan dengan pria itu. Gubernur Jawa Tengah menyaksikan sendiri, sekaligus belajar langsung bagaimana warga Kudus itu memanusiakan ODGJ. Ganjar  datang untuk melihat aksi Adi di sela kunjungan kerjanya ke Jepara, Selasa (3/11/2021). Saat Ganjar datang, Adi dan istrinya sedang ngobrol dengan Mamat.

"Wah lha sampeyan lho, pripun kabare (gimana kabarnya). Sampeyan ngganteng tenan," sapa Ganjar pada Mamat.

Mamat menyapa dengan bahasa yang agak tidak masuk akal. Ia berkali-kali cerita bahwa ia dulunya adalah kuli bangunan. Bekerja membangun gedung 22 lantai. Mamat juga menceritakan bahwa dirinya penggemar dangdut, Sony Joss, Brodin dan lainnya.

"Ayo nyanyi, jare penggemar dangdut," pinta Ganjar. (SAS)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama