Padang Ganting Miliki LPM, Jangan Sampai Jadi Gedung Kuno

 Peresmian lumbung pangan masyarakat di Padang Ganting


BATUSANGKAR-Di tengah keterbatasan dana APBD, pelaksanaan fisik seperti gudang lumbung pangan dan sarana pendukungnya Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) Tuan Khadi Nagari Padang Ganting dirasakan manfaatnya.

"Saya ingin gudang lumbung pangan ini dimanfaatkan secara maksimal, sehingga tidak menjadi gedung kuno, sarang laba-laba  ataupun sarang burung," kata Bupati Eka Putra saat meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Nagari Padang Ganting, Rabu (24/11/2021).

Diharapkan gapoktan ataupun masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan gedung yang dibangun dengan dana yang cukup besar. 

"Alhamdulillah, berkat dana alokasi khusus/DAK Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar dari Kementerian Pertanian diperoleh anggaran Rp500 juta. Pergunakan sarana ini dengan adil dan kompak, jangan sampai ada perselisihan," kata Eka yang dikutip dari Prokopim. 

Disebutkan bupati, LPM merupakan kegiatan pengembangan cadangan pangan masyarakat dalam rangka pemberdayaan dan perlindungan dari kerawanan. "Untuk siasati kerawanan pangan masyarakat dilakukan pembangunan fisik lumbung, pengisian cadangan pangan dan penguatan kelembagaan kelompok dengan tujuan peningkatan kesejahteraan petani," katanya. 

Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan selamat atas terpilihnya Gapoktan Tuan Khadi. 

"Secara fisik lumbung pangan merupakan tempat penyimpanan hasil produksi pertanian yang dikombinasikan dengan fasilitas alat mesin pengolahan gabah atau  padi, sehingga masyarakat tidak menjual berupa gabah lagi tapi sudah berupa beras," kata Eka. 

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi menyampaikan, pembangunan LPM dan sarana pendukung sebesar Rp500 juta dilaksanakan secara swakelola oleh Gapoktan Tuan Khadi. 

"Pembangunan fisik lumbung pangan ini berkapasitas 60 ton dengan sarana pendukung rice milling unit dan lantai jemur," katanya. 

Tokoh masyarakat Padang Ganting Darisman menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan LPM di daerahnya.  "Alhamdulillah, atas nama Gapoktan Tuan Khadi kami ucapkan terima kasih, karena ini memudahkan anggota kami mengolah gabah dan menstabilkan harga gabah itu sendiri," katanya. 

Ditambahkan Darisman lagi, Gapoktan Tuan Khadi terdiri dari 7 kelompok tani yang ada di Kecamatan Padang Ganting dengan jumlah anggota 45 orang masyarakat petani. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama