Wali Kota Pariaman Kian Gencar Bangun Jalan

 Wali kota goro bersama warga bangun jalan lingkar


KOTA PARIAMAN-Guna mendukung program water front city, Wali Kota Pariaman, Genius Umar terus kebut pembukaan jalan lingkar selatan di sepanjang bantaran Batang Mangoe atau Mangor. 

Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya gotong royong bersama warga dan tokoh masyarakat Desa Balai Kuraitaji, Senin (8/11/2021). 

“Upaya mewujudkan jalan lingkar selatan di sepanjang bantaran Batang Mangoe terus dilakukan. Pembukaan jalan ini secara swadaya tanpa anggaran ini telah berhasil sepanjang 6,5 kilometer, targetnya hingga akhir tahun nanti sudah selesai 11 kilometer,” ujar wali kota yang dikutip dari laman pemerintah kota.

“Dengan penambahan sekitar 500 meter pembukaan jalan baru di Desa Balai Kuraitaji, maka total jalan yang sudah dibuka secara swadaya tanpa anggaran APBD sama sekali sudah mencapai 6,5 kilometer. Target kami hingga akhir tahun selesai sekitar 11,5 kilometer,” sambungnya.

Genius menyebutkan, masyarakat setempat suka rela memberikan tanahnya yang dilalui oleh pembangunan panjang jalan sepanjang sungai kepada pemerintah, sehingga pemerintah hanya menyediakan alat berat membuka lahan tersebut.

“Dengan semangat kebersamaan, pemerintah kota dan seluruh masyarakat dan seluruh stakeholders terkait. Saling bahu membahu dan bergotong royong menyelesaikan jalan yang kita bikin ini, dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat ,” ucapnya.

Terwujudnya jalur lingkar selatan ini demi mendukung program water front city yang menjadikan sungai sebagai jalur di depan untuk mendukung pariwisata. Dengan kemajuan pariwisata tentunya akan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Kepala Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Noprialdi Sukri mengatakan, panjang jalan lingkar selatan yang sudah bisa dilalui kendaraan sudah mencapai 6 kilometer. Sementara sekitar 500 meter yang melewati Desa Pasiar Sunua sekitar 59 meter, Desa Kampuang Apa 150 meter dan Desa Balai Kuraitaji sepanjang 300 meter sedang dalam proses pengerjaan pembukaan jalan dan pembersihan jalan.

“Hari ini baru selesai goro bersama warga, pembersihan semak dan penebangan pohon, dan Selasa (9/11/2021) dikerahkan alat berat untuk memadatkan jalan sehingga bisa dilalui kendaraan,” ujarnya.

Pembukaan jalan ini juga sudah dikunjungi tiga perwakilan balai di Kementerian PUPR mulai dari Balai Bina Marga, Balai Wilayah Sungai dan Balai Cipta Karya. Pemerintah Kota Pariaman juga mengajukan permohonan untuk dukungan anggaran pengaspalan jalan, penguatan badan jalan dari abrasi dan pembuatan taman di sepanjang jalan lingkar selatan. Sehingga jalur lingkar selatan yang merupakan salah satu visi dan misi daerah bisa segera terwujud dan dimanfaatkan untuk warga sekitar. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama